Relevansi Nilai-nilai Pendidikan Akhlaq Dalam Buku Pendidikan Akhlak Berbasis Hadits Arba’in An Nawawiyah Karya Saifuddin Amin Dengan Materi Aqidah Akhlaq Di Madrasah Aliyah

Aziz, Abdul (2024) Relevansi Nilai-nilai Pendidikan Akhlaq Dalam Buku Pendidikan Akhlak Berbasis Hadits Arba’in An Nawawiyah Karya Saifuddin Amin Dengan Materi Aqidah Akhlaq Di Madrasah Aliyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ABDUL AZIZ_201200001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aziz, Abdul. 2024. Relevansi Nilai-nilai Pendidikan Akhlaq Dalam Buku Pendidikan Akhlak Berbasis Hadits Arba’in An Nawawiyah Karya Saifuddin Amin dengan Materi Aqidah Akhlaq di Madrasah Aliyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Umar Sidiq, M.Ag.

Kata Kunci: Pendidikan Akhlaq, Kitab Hadits Arba’in An Nawawiyah, Materi Akidaq Akhlaq MA

Kemerosotan akhlaq yang terjadi di masyarakat Indonesia khususnya para peserta didik di lembaga pendidikan Madrasah Aliyah sangat mengkhawatirkan di zaman sekarang. Berbagai rusaknya akhlaq salah satunya adalah tawuran pelajar, kurangnya tenggang rasa, kepedulian terhadap lingkungan, dan kurangnya adab mereka terhadap guru serta tidak mentaati peraturan di sekolah. Peran pendidikan dalam mendidik anak-anak tentang nilai-nilai moral sejak dini sangat penting untuk menciptakan generasi yang berakhlaq baik dan berbudi luhur. Pendidikan akhlaq di madrasah, termasuk materi tentang aqidah akhlaq, merupakan upaya untuk membentuk karakter siswa agar berperilaku baik dan menghindari perilaku buruk. Pendidikan akhlaq Islam memegang peranan penting dalam kemajuan peradaban negara, dan ketidaktercapaian tujuan pendidikan akhlaq dapat menjadi faktor keterbelakangan generasi suatu bangsa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan dan menyebutkan nilai-nilai pendidikan akhlaq dalam buku Pendidikan Akhlak Berbasis Hadits Arba’in An Nawawiyah karya Saifuddin Amin; (2) Menjelaskan dan menyebutkan nilai-nilai pendidikan akhlaq dalam materi aqidah akhlaq di madrasah aliyah; dan (3) Memaparkan dan menganalisis relevansi nilai-nilai pendidikan akhlaq antara buku karya Saifuddin Amin dengan materi aqidah akhlaq di Madrasah Aliyah.
Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primernya adalah buku Pendidikan Akhlak Berbasis Hadist Arba’in An Nawawiyah karya Amin Saifuddin. Sedangkan sumber sekundernya adalah berbagai buku, artikel maupun sumber lainnya yang berkaitan dengan tema penelitian dan metode pengumpulan data berupa metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini ialah content analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam; (1) Buku Pendidikan Ahklak berbasis Hadits Arba’n An Nawawiyah karya Amin Saifuddin, terdapat nilai-nilai akhlaq kepada Allah Swt.; akhlaq kepada Rosulullah Saw.; akhlaq kepada diri; dan akhlaq kepada sesama orang lain dan binatang. (2) Materi aqidah akhlaq pada madrasah aliyah juga terdapat nilai-nilai akhlaq kepada Allah Swt.; akhlaq kepada diri; dan akhlaq kepada sesama orang lain. (3) Relevansi antara buku karya Amin Saifuddin dengan materi aqidah akhlaq pada Madrasah Aliyah antara lain: nilai akhlaq taubat, taat dan patuh kepada Allah Swt., sabar, jangan marah, peduli sosial, dan menghormati tamu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Nov 2024 06:31
Last Modified: 07 Nov 2024 06:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30187

Actions (login required)

View Item View Item