Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kesantunan Berbahasa dan Kesantunan Berperilaku Siswa Kelas V di MI Ma'arif Setono Tahun Ajaran 2023/2024

Khalishah, Dewi (2024) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kesantunan Berbahasa dan Kesantunan Berperilaku Siswa Kelas V di MI Ma'arif Setono Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-Thesis Dewi Khalishah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Khalishah, Dewi. 2024. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kesantunan Berbahasa dan Kesantunan Berperilaku Siswa Kelas V di MI Ma’arif Setono Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Lukman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Kecerdasan emosional, kesantunan berbahasa, kesantunan berperilaku.

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan dalam memotivasi, mengelola emosi, memahami dan merasakan emosi diri maupun orang lain. Sehingga kecerdasan emosional berkaitan dengan kesantunan berbahasa dan kesantunan berperilaku, agar hal tersebut dapat membatu individu dalam mengelola, mengontrol, memahami emosi diri untuk menghindari reaksi refleksif yang menyebabkan kerugian dalam hubungan sosial. Kurangnya perhatian terhadap kesantunan berbahasa membuat individu bersikap semaunya terhadap orang lain. Bahkan dari kesantunan berbahasa yang kurang diperhatikan juga dapat merubah akhlak dan perilaku seseorang menjadi kurang baik. Padahal kesantunan berbahasa dan berperilaku adalah aspek penting dalam membangun hubungan harmonis antarindividu, khususnya di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, lingkungan keluarga merupakan faktor utama untuk memberikan pendidikan pertama pada anak agar mampu mengelola, mengontrol dan memahami emosi. Sehingga sesuai berjalannya waktu anak akan mampu membiasakan diri untuk bertutur kata santun dan berperilaku baik kepada orang lain. Jadi, cara individu bertutur kata santun dan berperilaku baik dapat menggambarkan kepribadian individu dapat lebih dihormati dan dihargai oleh masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) ada atau tidak pengaruh kecerdasan emosional terhadap kesantunan berbahasa siswa kelas V di MI Ma’arif Setono Tahun Ajaran 2023/2024, (2) ada atau tidak pengaruh kecerdasan emosional terhadap kesantunan berperilaku siswa kelas V di MI Ma’arif Setono Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk expost facto. Adapun sumber data diperoleh populasi yang berjumlah 24 siswa kelas V di MI Ma’arif Setono. Teknik mengambil data yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Adapun teknik analisi data yang digunakan yaitu regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS versi 25 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat diketahui bahwa (1) ada pengaruh secara signifikansi antara kecerdasan emosional terhadap kesantuna berbahasa siswa kelas V di MI Ma’arif Setono Tahun Ajaran 2023/2024 dibuktikan beradasarkan nilai Fhitung (13,227) > Ftabel (3,47), dengan persamaan regresi Y1 = 15,464 + 0,745 X, sehingga H01 ditolak dan Ha1 diterima, dengan pengaruh sebesar 37,5%, (2) ada pengaruh secara signifikansi antara kecerdasan emosional terhadap kesantunan berperilaku kelas V di MI Ma’arif Setono Tahun Ajaran 2023/2024 dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung (28,175) > Ftabel (3,47), dengan persamaan regresi Y2 = 11,174 + 0,628 X, sehingga H02 ditolak dan Ha2 diterima, dengan pengaruh sebesar 56,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2024 05:34
Last Modified: 06 Nov 2024 05:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30184

Actions (login required)

View Item View Item