Pengaruh Program Market Day dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Kepribadian Wirausaha Peserta Didik di Mi Tahfidz Entrepreneur Qurrota A'yun Ponorogo

Mundir, Muhammad (2024) Pengaruh Program Market Day dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Kepribadian Wirausaha Peserta Didik di Mi Tahfidz Entrepreneur Qurrota A'yun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
E-Thesis_Muhammad Mundir_203200205_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mundir, Muhammad. 2024. Pengaruh Program Market Day dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Kepribadian Wirausaha Peserta Didik di MI Tahfidz Entrepreneur Qurrota A’yun Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Farida Yufarlina Rosita, M.Pd.
Kata Kunci: Program Market Day, Motivasi Berwirausaha, Kepribadian Wirausaha
Kepribadian wirausaha perlu ditumbuhkan sejak dini melalui stimulus motivasi dan inovasi pembelajaran, pasalnya banyak lembaga sekolah yang mengajarkan teori kiat sukses tanpa aspek praktiknya. Program Market Day masih sedikit diterapkan di wilayah Ponorogo, karena PSDMnya, sistem organisator dan biayanya. Hal ini karena kegiatan ini memberikan ilmu tentang dunia entreprenuer sekaligus menjawab permasalahan bahwa aspek pendidikan psikomotorik kurang tersampaikan karena banyak berfokus pada aspek kognitif dan afektif. Relevansi market day dan motivasi berwirausaha menjadi tumpuan pelatihan peserta didik, agar mampu mengatasi masalah pengangguran dari kalanganan terdidik. Program ini memiliki urgensi menunjang kehidupan peserta didik karena sebagai inovasi pembelajaran yang kreatif dalam menjawab tantangan revolusi industri 4.0.
Penelitian ini bertujuan, mengetahui pengaruh program market day terhadap kepribadian wirausaha. Kedua, mengetahui pengaruh motivasi berwirausaha terhadap kepribadian wirausaha Ketiga, mengetahui pengaruh program market day dan motivasi berwirausaha terhadap kepribadian wirausaha peserta didik kelas V MI Tahfizh Entrepreneur Qurrota A’yun Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Expost Facto. Populasi jenuh 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik regresi linier sederhana dan berganda.
Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara program market day terhadap kepribadian wirausaha yang dibuktikan dengan nilai hubungan atau korelasi (R) sebesar 0,656. Nilai ini menunjukan hubungan yang kuat antara kedua variabel dengan kontribusi (

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2024 04:43
Last Modified: 06 Nov 2024 04:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30183

Actions (login required)

View Item View Item