Peran Guru PAI dalam Membangun Minat Literasi Pada Generasi Z Melalui Kegiatan Jumat Literasi di SMAN 1 Balong

Hamidy, As'ad Akhyar (2024) Peran Guru PAI dalam Membangun Minat Literasi Pada Generasi Z Melalui Kegiatan Jumat Literasi di SMAN 1 Balong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200030 AS'AD AKHYAR HAMIDY SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hamidy, As’ad Akhyar. 2024. Peran Guru PAI Dalam Membangun Minat Literasi Pada Generasi Z Melalui Kegiatan Jumat Literasi di SMAN 1 Balong. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M. Pd.I.

Kata Kunci: Peran Guru PAI, Minat Literasi, Generasi Z
Kegiatan literasi di lembaga pendidikan sangat penting untuk membekali pengetahuan generasi Z. SMAN 1 Balong memiliki inisiatif mengadakan kegiatan wajib yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali dengan istilah jumat literasi. Membangun minat literasi generasi Z melalui kegiatan tersebut akan menjadi nilai positif bagi pengetahuan generasi Z dimasa mendatang. Pendampingan sosok guru sangat berpengaruh terhadap minat literasi mereka. Guru PAI salah satu yang turut andil dalam pelaksanaan kegiatan jumat literasi tersebut. Karena upaya yang dilakukan untuk membangun minat literasi generasi Z di SMAN 1 Balong tentu tidak lepas dari pendampingan guru, guru PAI menjadi sosok yang berperan penting didalamnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan kegiatan jumat literasi oleh guru PAI di SMAN 1 Balong yang disampaikan secara variatif dan kolaboratif; (2) mengetahui respon generasi Z terhadap kegiatan jumat literasi di SMAN 1 Balong yang sangat intens dilakukan untuk membangun minat literasi mereka; (3) mengetahui implikasi dari kegiatan jumat literasi yang diselenggarakan guru PAI di SMAN 1 Balong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi kegiatan literasi, wawancara mendalam dengan guru PAI, tim literasi dan generasi Z, serta analisis dokumen atau portofolio terkait kegiatan Jumat Literasi. Observasi dilakukan untuk mengamati dinamika pelaksanaan kegiatan, sedangkan wawancara dilakukan untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai pandangan guru PAI, tim literasi dan generasi Z terhadap kegiatan ini.
Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan kegiatan jumat literasi oleh guru PAI dirancang dengan melewati tahap perencanaan (membuat promes), tahap pelaksanaan (berlangsungnya kegiatan jumat literasi) dan tahap evaluasi (penilaian verbal maupun tertulis). Kegiatan ini secara konsisten dilakukan satu bulan sekali dengan tema yang beragam dan variatif; (2) respon generasi Z terhadap kegiatan jumat literasi yakni mereka menyadari pentingnya kegiatan literasi seperti yang diterapkan di SMAN 1 Balong. Namun sebagian dari mereka kurang begitu konsisten dengan adanya kegiatan tersebut karena monoton, baik itu temanya maupun agendanya; (3) Implikasi dari kegiatan jumat literasi menjadikan wawasan generasi Z bertambah. Banyak karya yang dihasilkan dari kegiatan tersebut. Contohnya: LIPA (Literasiku dengan Pedlet), Memaknai Hari Pahlawan, dan masih banyak lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2024 01:57
Last Modified: 06 Nov 2024 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30179

Actions (login required)

View Item View Item