Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Aplikasi Canva dengan Model SQ3R terhadap Pemahaman Konsep Bahasa Indonesia Materi Dongeng pada Siswa Kelas 3 di MIN 4 Ponorogo

Farikha, Fahmia Rachma (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Aplikasi Canva dengan Model SQ3R terhadap Pemahaman Konsep Bahasa Indonesia Materi Dongeng pada Siswa Kelas 3 di MIN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Fahmia Rachma Farikha_203200041_Ethesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep masih menjadi problem bagi peserta didik utamanya dalam belajar Bahasa Indonesia. Hal itu disebabkan karena dalam mengajar guru masih menggunakan metode konvensional, kurang melibatkan dunia konstekstual dan aktivitas pemahaman konsep. Selain itu permasalahan juga dari peserta didik seperti, rendahnya pemahaman peserta didik, kurang sumber bacaan yang digunakan dan kurang pengembangan LKPD di pembelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu dirasa perlu untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengembangkan LKPD berbasis aplikasi canva dengan model pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recite, review).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengembangan LKPD berbasis aplikasi canva dengan model SQ3R terhadap pemahaman konsep; (2) Mengetahui kelayakan LKPD berbasis aplikasi canva dengan model SQ3R terhadap pemahaman konsep; (3) Mengetahui efektivitas LKPD berbasis aplikasi canva dengan model SQ3R terhadap pemahaman konsep.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D). Dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Analisis data dilakukan dengan melalui Uji Paired Sample T Test dan N-Gain. Sedangkan data hasil penelitian dianalisis menggunakan bantuan software IBM SPSS 25.
Hasil penilaian ahli materi menunjukkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan kategori sangat layak dengan diperoleh skor 87%. Dari ahli media menunjukkan kategori sangat layak dengan diperoleh skor 86%. Sedangkan ahli pembelajaran menunjukkan kategori sangat layak dengan diperoleh skor 92%. Hasil penilaian rata-rata pretest 66,92, sedangkan rata-rata posttest 89,04. Dan hasil N-Gain score sebesar 0,7021 dengan kategori efektif. Sehingga, dapat disimpulkan penggunaan LKPD dengan model SQ3R di kelas 3 MIN 4 Ponorogo dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tintin Susilowati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Nov 2024 02:40
Last Modified: 04 Nov 2024 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30165

Actions (login required)

View Item View Item