Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Ma'arif Klego Ponorogo

Nashrulloh, Ashfiyail Reza (2024) Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Ma'arif Klego Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200247_ASHFIYAIL REZA NASHRULLOH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nashrulloh, Ashfiyail Reza. 2024. Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas VII MTs Ma’arif Klego Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Risti Aulia Ulfah, M.Pd
Kata Kunci : Karakter, Profil Pelajar Pnancasila, Pembelajaran Akidah Akhlak.
Profil pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Seorang guru harus benar-benar memahami bahwa pendidikan karakter merupakan kunci untuk mencapai kesuksesan pendidikan Indonesia di masa depan. Di MTs Ma’arif Klego sendiri penerapan profil pelajar Pancasila kurang optimal, hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan keagamaan seperti solat dhuha berjamaah dan solat duhur berjamaah masih ada beberapa siswa yang tidak mengikutinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan karakter profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia siswa kelas VII MTs Ma’arif Klego Ponorogo; (2) dampak proses pembelajaran Akidah Akhlak terhadap karakter profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia siswa kelas VII MTs Ma’arif Klego Ponorogo; dan (3) kendala guru Akidah Akhlak dalam menerapkan karakter profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia siswa kelas VII MTs Ma’arif Klego Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini berasal dari waka kurikulum, guru Akidah Akhlak, dan siswa MTs Ma’arif Klego Ponorogo. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan model analisa Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan pembahasan dan temuan penelitian bahwa (1) pembentukan karakter profil pelajar Pancasila diterapkan melalui pemberian materi-materi Akidah Akhlak seperti, mengamalkan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam penerapannya, siswa diajarkan untuk menggalangkan donasi atau mencari sumbangan untuk pembangunan masjid yang ada di madrasah. (2) Dampak yang dirasakan oleh sekolah, yaitu dapat menunjang tercapainya tujuan dari sekolah dan pemerintah, sedangkan dampak bagi siswa dapat memahami serta mengimplementasikan nilai profil pelajar Pancasila khususnya dimensi yang pertama dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. (3) Kendala internal pembentukan karekter profil pelajar Pancasila adalah sarana, prasarana dan infrastruktur yang kurang memadai. Sedangkan kendala eksternal bersumber dari siswa, yaitu masih minimnya minat belajar dari siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risti Aulia Ulfah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:56
Last Modified: 01 Nov 2024 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30160

Actions (login required)

View Item View Item