Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Karawitan terhadap Pelestarian Budaya Lokal dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Siswa Di MIN 1 Ponorogo

Andini, Mira (2024) Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Karawitan terhadap Pelestarian Budaya Lokal dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Siswa Di MIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESIS MIRA ANDINI 203200067 PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Andini, Mira. 2024. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Karawitan terhadap Pelestarian Budaya Lokal dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Siswa di MIN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Berlian Pancarrani, M.Pd.

Kata Kunci: Pelestarian Budaya, Karawitan, Bakat, Kreativitas

Ekstrakurikuler karawitan merupakan upaya sekolah untuk mengembangkan bakat dan kreativitas siswa di bidang seni sekaligus meningkatkan apresiasi dalam melestarikan budaya. Melalui ekstrakurikuler karawitan, siswa tidak hanya diajarkan teknik-teknik dasar dalam seni karawitan, tetapi juga diajak untuk lebih memahami dan menghargai kekayaan budaya lokal yang merupakan warisan nenek moyang. Dengan berpartisipasi dalam ekstrakurikuler ini, siswa dapat mengekspresikan diri mereka secara artistik, sekaligus berkontribusi dalam pelestarian budaya Jawa yang dapat membangun rasa bangga dan kecintaan mereka terhadap nilai-nilai budaya, sehingga dapat terus hidup dan berkembang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) bentuk pelaksanaan pelestarian budaya lokal dalam mengembangkan bakat dan kreativitas siswa di MIN 1 Ponorogo; (2) kontribusi kegiatan ekstrakurikuler karawitan terhadap pelestarian budaya lokal dalam mengembangkan bakat dan kreativitas siswa; dan (3) faktor penunjang dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler karawitan terhadap pelestarian budaya lokal dalam mengembangkan bakat dan kreativitas siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Untuk analisis data menggunakan teknik yang dipaparkan oleh Matthew B. Miles, A. Michael Hubberman dan Jhonny Saldana, yakni dengan tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan analisa data ditemukan hasil sebagai berikut. Pertama, pelestarian budaya lokal di MIN 1 Ponorogo dilakukan melalui ekstrakurikuler karawitan, yang memperkenalkan nilai-nilai budaya Jawa sekaligus mengembangkan bakat dan kreativitas siswa dalam seni. Kedua, kontribusi kegiatan ekstrakurikuler karawitan di MIN 1 Ponorogo sangat signifikan, untuk menjadi media pembentukan karakter siswa. Kegiatan ekstrakurikuler karawitan di MIN 1 Ponorogo tidak hanya menjadi wadah untuk pengembangan keterampilan siswa, tetapi juga mengajarkan siswa dalam memperluas pemahaman mereka tentang kekayaan budaya lokal serta mengimplementasikan nilai-nilai kearifan budaya dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, faktor penunjang kegiatan ekstrakurikuler karawitan di MIN 1 Ponorogo adalah dukungan dari madrasah dan peran aktif para guru, sedangkan faktor penghambatnya adalah memahamkan siswa mengenai nilai-nilai budaya tradisional Jawa. Dalam artian, beberapa siswa yang kurang familiar dengan musik tradisional Jawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:56
Last Modified: 01 Nov 2024 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30159

Actions (login required)

View Item View Item