Adawiyah, Robiatul (2024) Efektivitas Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di MI Ma’arif Singosaren Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
ROBIATUL ADAWIYAH 203200233 PGMI_SKRIPSI UPLOAD.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Adawiyah, Robiatul. 2024. Efektivitas Strategi Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Ma’arif Singosaren Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Berlian Pancarrani, M.Pd.
Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)
Membaca pemahaman merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memahami isi dari suatu bacaan. Adapun rendahnya membaca pemahaman dapat dipengaruhi oleh kurangnya minat siswa dalam membaca sebuah cerita atau dialog dan pelaksanaan pembelajaran hanya menggunakan metode konvensional melalui ceramah. Sesuai dengan latar belakang yang diperoleh, penelitian ini melakukan upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks cerita kelas V MI Ma’arif Ponorogo.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu, (1) mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di MI Ma’arif Singosaren yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA), (2) mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di MI Ma’arif Singosaren yang menggunakan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA), (3) mengetahui efektivitas strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di MI Ma’arif Singosaren Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di MI Ma’arif Singosaren Ponorogo dengan menggunakan metode penelitian eksperimen, desain Quasi Experimental, dan model Nonequivalen Control Grup Design seperti pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian yakni kelas V MI Ma’arif Singosaren yang berjumlah 30 siswa, 15 siswa pada kelas A sebagai kelas eksperimen dan 15 siswa pada kelas B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yakni uji independent sample t-test dan uji normalitas gain.
Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa menggunakan strategi konvensional melalui ceramah, diskusi, dan pemberian tugas pada kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V MI Ma’arif Singosaren dinyatakan pada kategori sedang (2) hasil belajar siswa menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V MI Ma’arif Singosaren dinyatakan pada kategori sedang (3) penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di MI Ma’arif Singosaren Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Berlian Pancarrani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 02:55 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 02:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30158 |
Actions (login required)
View Item |