Fikriyah, Tazkiyatul (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Kanzul Huda Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI TAZKIYATUL FIKRIYAH 203200248 PGMI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) didefinisikan sebagai ilmu tentang alam. Proses pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA, terdapat beberapa siswa yang selama mengikuti pembelajaran di kelas masih terlihat kurang aktif. Keikutsertaan dalam pembelajaran masih kurang seperti siswa yang masih belum mampu dalam menanggapi penjelasan dari guru, mengungkapkan pendapat, bertanya jawab, serta kurangnya partisipasi dalam berkelompok. Kegiatan ini bisa direpresentasikan dengan model pembelajaran yang berusaha menjadikan siswa aktif. Model discovery learning adalah salah satu yang menjadi kajian yang mendukung.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V (2) mengetahui perbedaan model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran langsung terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V MI Kanzul Huda.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V MI Kanzul Huda yang berjumlah 38 siswa, dan semua populasi menjadi sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan tes dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent test, uji manova, dan uji N-Gain.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan pada model discovery learning dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar dengan diperolehnya nilai sig 0,000 < 0,05. (2) Ada perbedaan pada model discovery learning dengan model pembelajaran langsung terhadap keaktifan siswa dengan diperolehnya nilai sig. 0,001 < 0,05. (3) Hasil uji manova menunjukkan penerapan model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa. Dengan nilai sig 0,000 < 0,05 pada hasil belajar dan 0,001 < 0,05 pada keaktifan siswa. Hasil N-Gain menunjukkan nilai 0,706 yang dikategorikan tinggi karena 0,706 > 0,7 yang diartikan apabila nilai N-Gain lebih besar dari 0,7. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan pada mata pelajaran IPA kelas V MI Kanzul Huda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Weni Tria Anugrah Putri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 02:55 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 02:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30157 |
Actions (login required)
View Item |