Nurhalizah, Siti (2023) Identifikasi Kesalahan Pengerjaan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Newman Pada Siswa Kelas IV Di SDN Joresan Mlarak Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203190181_SITI NURHALIZAH.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Identifikasi kesalahan pada penelitian ini berdasarkan rendahnya hasil belajar siswa
dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Persoalan yang terjadi adalah bagaimana proses siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika, serta jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan teori Newman. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dalam operasi hitung campuran pada pengerjaan soal cerita matematika berdasarkan teori Newman yang dilakukan peserta didik. (2) Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kesalahan operasi hitung campuran pada pengerjaan soal cerita matematika berdasarkan teori Newman yang dilakukan peserta didik. (3) Untuk mengetahui solusi yang dapat meminimalisir kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan teori Newman. Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan berdasarkan metode Newman dimana subjek penelitiannya yaitu 19 peserta didik kelas IV SDN Joresan. Subjek untuk wawancara diambil 4 dari 19 siswa kelas IV. Data hasil penelitian dianalisis dengan model Milles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi operasi hitung campuran yaitu: a.) Kesalahan dalam memahami masalah, b.) Kesalahan pada tahapan transformasi, c.) Kesalahan pada tahapan kemampuan proses, d.) Kesalahan pada tahapan penulisan jawaban akhir. (2) Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada
materi operasi hitung campuran yaitu: a.) Kurangnya memahami maksud dari soal, b.) Kurangnya ketelitian siswa dalam mengerjakan operasi hitung khususnya pengurangan dengan metode meminjam, c.) Kurangnya pemahaman siswa terhadap metode pembagian. (3) Solusi yang digunakan dalam meminimalisir kesalahan yang dilakukan siswa yaitu dengan memberikan contoh-contoh soal cerita untuk dikerjakan bersama-sama yang kedua dengan memberi motivasi kepada siswa untuk lebih teliti dalam mengerjakan soal cerita matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Kurnia Hidayati |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 04:55 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 04:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30110 |
Actions (login required)
View Item |