PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MADRASAH DINIYAH AL MUTTAQIN PULUNG PONOROGO

HASANUDIN, NUR (2024) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MADRASAH DINIYAH AL MUTTAQIN PULUNG PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NUR HASANUDIN_502200018_A5 THESIS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan pembiayaan pendidikan di madrasah diniyah seringkali dihadapkan pada sejumlah tantangan. Pertama, keterbatasan sumber daya keuangan yang dimiliki madrasah diniyah, baik dari sumber internal maupun sumber eksternal. Kedua, kurangnya keahlian dan pengetahuan kepala madrasah dalam manajemen keuangan Pendidikan, kedua factor tersebut dapat menjadi hambatan dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan sehingga Kepala Madrasah sebagai pemimpin harus mampu mengelola dan mengoptimalkan sumber daya keuangan yang ada agar dapat mendukung kegiatan pendidikan dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu, peran kepala madrasah dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan di madrasah diniyah menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Kepala madrasah harus mampu berperan sebagai manajer yang efektif dalam mengelola sumber daya keuangan dan mengatasi kendala-kendala yang dihadapi, sehingga kualitas pendidikan di madrasah diniyah dapat ditingkatkan.
Penelitian ini bertujuan untuk : (a) menjelaskan tentang peran kepala madrasah sebagai administrator dalam Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan di madrasah diniyah al Muttaqin Pulung Ponorogo; (b) menjelaskan tentang peran kepala madrasah sebagai manajer dalam Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan di madrasah diniyah al Muttaqin Pulung Ponorogo; (c) menjelaskan tentang peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan di madrasah diniyah al Muttaqin Pulung Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian data dianalisis dengan model interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data dan verifikasi data.
Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa dalam pengelolaan pembiayaan Pendidikan kepala madrasah telah mengimplementasikan peranya sebagai administrator, manajer dan supervisor dengan baik. Peran sebagi administrator diaktualisasikan dengan mekanisme; (a) perencanaan; (b) pelaksanaan dan (c) pengawasan. Fungsi Manajer dilakukan dengan: (a) merumuskan kebijakan dan prosedur; (b) mengidentifikasi sumber daya keuangan; (c) mengawasi pelaksanaan anggaran dan memastikan kepatuhan terhadap kebijakan keuangan; (d) mengevaluasi kinerja tim pembiayaan dan membuat laporan kepada pemangku kepentingan; (e) mengembangkan setrategi pengelolaan resiko dan mengantisipasi perubahan keuangan yang mungkin terjadi. Adapun fungsi supervisor diwujudkan dengan: (a) memantau kegiatan keuangan; (b) menyusun rencana anggaran; (c) memantau pelaksanaan anggaran; (d) melakukan audit internal; (e) menyusun laporan keuangan; (f) mengevaluasi kinerja staf; (g) memeberikan arahan dan bimbingan dan (h) menjaga kepatuhan terhadap peraturan.
Kata kunci : Peran, kepala madrasah, pengelolaan pembiayaan, madrasah diniyah

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: 1. Dr. H. Miftahul Ulum, M.Ag 2. Nur Kolis, Ph.D
Location: IAIN Ponorogo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:50
Last Modified: 23 Jul 2024 04:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30063

Actions (login required)

View Item View Item