ABDUL ROHMAN, MOH (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..STUDY KOMPARASI KOMPETENSI PENDIDIK DALAM KITAB TA’LĪM AL-MUTA’ALLIM KARYA SYEKH BURHANUDDIN AZ-ZARNUJI DAN KITAB ‘ADĀBU AL-‘ĀLIM WAL MUTA’ALLIM KARYA KH. HĀSYIM ASY’ARĪ. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
E TEHESIS SKRIPSI 210317383 MOH. ABDUL ROHMAN_.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rohman, Moh. Abdul 2024. Study Komparasi Kompetensi Pendidik dalam Kitab Ta’līm al Muta’allim Karya Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji Dan Kitab ‘Adabul ‘Ālim wal Muta’allim Karya KH. Hāsyim Asy’arī. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mambaul Ngadhimah, M. Ag.
Kata Kunci: Kompetensi Pendidik, Kitab Ta’li@mul Muta’allim, Kitab ‘Adabul ‘Alim Wa Muta’allim,
Pendidik adalah orang yang sangat penting dalam dunia pendidikan, karena pendidik merupakan pihak yang paling bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan terutama menyangkut bagaimana peserta didik diarahkan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Seorang guru dituntut dengan sejumlah persyaratan minimal, antara lain: memiliki kualifikasi pendidikan profesi yang memadai, memiliki kompetensi keilmuan sesuai dengan bidang yang ditekuninya, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan anak didiknya, mempunyai jiwa kreatif dan produktif, mempunyai etos kerja dan komitmen tinggi terhadap profesinya, dan selalu melakukan pengembangan diri secara terus.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan bagaimana kompetensi pendidik dalam kitab Ta’līmu al-Muta’llim karya Syekh Burharuddin Az Zarnuji (2) Bagaimana kompetensi pendidik dalam kitab ‘Adabu al-‘Ālim wal Muta’allim karya Kyai Hāsyim Asy’arī (3) Bagaimana perbandingan kompetensi pendidik dalam kitab Ta’līmu al-Muta’llim dan dalam kitab ‘Adabul al-‘Ālim wal Muta’allim.
Jenis penelitian ini adalah library research (perpustakaan) dengan menggunakan metode analisis data, yaitu data-data yang dikumpulkan adalah data-data yang bersifat deskriptif tekstual, maka dalam mengelola data peneliti menggunakan analisis menurut isinya.
Dari analisis tersebut ditemukan hasil sebagai berikut. (a) kompetensi kepribadian yaitu wara’, murah hati dan sabar, bermusyawarah. (b) kompetensi profesional yaitu ‘Alim, berpengalaman yang lebih tua usianya dari pada peserta didik. (2) Dalam kitab ‘Adabu al-‘Alim wal Muta’allim seorang pendidik harus memiliki empat kompetensi. (a) kompetensi kepribadian yaitu, bersikap muroqobah, khauf, tawadu’, wira’i, zuhud, ‘abid, berjiwa bersih dan berakhlaqul karimah. (b) kompetensi profesional yaitu produktif, tepat dalam menggunakan metode, progresif. (3) Perbandingan kedua kitab dari kaca mata kompetensi pendidik pertama kitab ini secara umum sama-sama menjelaskan tentang dua kompetensi pendidik sebagai kriteria pendidik yang sama dengan Peraturan Pemerintah No, 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Sedangkan perbedaannya adalah dalam kitab ‘Adabu al-‘Alim wal Muta’allim disampaikan kriteria dari masing-masing dari kedua kompetensi pendidik yang itu lebih terperinci, sedangkan kitab Ta’līmu al-Muta’llim lebih ringkas dan universal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | MAMBAUL NGADIMAH |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 03:37 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 03:37 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30059 |
Actions (login required)
View Item |