Iswahyudi, Riki (2024) ..(LEMBAR PENGESAHAN BLM ADA TTD DAN STEMPEL DEKAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, (LETAK: DI BAWAH LEMBAR PENGESAHAN), UPLOAD ULANG). .Pengaruh Pendekatan Somantic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sholat Peserta Didik Di MTs Muhamadiyah 02 Tulakan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
210317174_RIKI ISWAHYUDI_SKRIPSI DUMMY.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai macam permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah di MTs 02 Tulakan terdapat berbagai permasalahan yang dialami guru dalam proses pembelajaran. Adapun permasalahanya seperti hasil belajar yang dimiliki peserta didik rendah, terlihat dari kemampuan peserta didik ketika diberkan pertanyaan oleh guru secara klasikal yang hanya dijawab oleh beberapa peserta didik saja, ketika mengikuti pembelajaran banyak anak yang keluyuran, ramai dengan temanya dan juga tertidur dipojokan kelas. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengunakan pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di MTs 02 Tulakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) untuk mencapai hasil belajar belajar peserta didik. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif/eksperimen dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada variabel bebas dan variabel terikat.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) terlaksana dengan baik, karena pembelajaran yang dilakukan bisa bertatap muka dengan peserta didik sehingga dengan menerapkan pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) mampu meningkatan hasil belajar peserta didik.
Untuk aktivitas peserta didik terbukti pada variabel terikat lebih baik daripada variabel bebas. Dapat dilihat dari hasil perolehan nilai variabel terikat mengalami peningkatan yang bermula tidak adanya perlakuan kemudian diberikan perlakuan. Dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dapat disimpulkan bahwa keinginan dalam belajar peserta didik mengalami peningkatan sehingga berpengaruh terhadap nilai ahir peserta didik. Hasil analisis soal yang telah dikerjakan setiap individu tersebut menunjukan hasil yang positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Sugiyar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 06:04 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 06:04 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30056 |
Actions (login required)
View Item |