Miftakhurridho, Ahmad (2024) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. Strategi Dakwah Program Acara Ustad Menjawab Sakti TV. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
e-thesis_Ahmad Miftakhurridho.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Miftakhurridho, Ahmad. 2024. Strategi Dakwah Program Acara Ustad Menjawab Sakti TV. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Pembimbing Dr. Anwar Mujahidin, MA.
Kata Kunci: Strategi Dakwah, Program Acara Televisi
Dakwah menggunakan meida televisi akan lebih praktis dan efisien dikarenakan jarak komunikan yang jauh dan tersebar akan mudah untuk dicapai. Namun, program siaran dakwah melalui media televisi hanya dapat ditonton pada waktu-waktu tertentu saja. Pada zaman yang modern ini, dengan adanya teknologi internet, program siaran dakwah dapat memanfaatkan peran media sosial untuk dapat meraih pemirsa yang lebih luas. Seperti halnya program Ustad Menjawab Sakti TV, merupakan kegiatan dakwah yang disirakan oleh salah satu stasiun televisi swasta yang mengkombinasikan siaran televisi dengan penggunaan media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook dan Website Streaming sebagai upaya mendapatkan pemirsa yang luas.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi dakwah Program Ustad Menjawab meliputi: bentuk strategi dakwah serta efektivitas program siaran Ustad Menjawab.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk dakwah program Ustad Menjawab Sakti TV adalah dengan menggunakan format acara talkshow dengan menghadirkan dua orang narasumber yang saling bergantian disetiap episodenya dan dipandu oleh seorang moderator. (2) Program acara Ustad Menjawab Sakti TV sangat efektif dalam menjangkau pemirsa secara luas. Hal ini dikarenakan manajemen Sakti TV memanfaatkan platform media sosial baik Instagram, Facebook dan Youtube juga Web Streaming sebagai tempat promosi tayangan program acara Ustad Menjawab agar meraih pemirsa yang lebih luas. Selain itu dengan seringnya narasumber untuk mengisi pengajian-pengajian di masyarakat menjadikan nilai tambah untuk program acara ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Anwar Mujahidin |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 03:21 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 03:21 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30054 |
Actions (login required)
View Item |