Sumarti, Endang (2024) Keaktifan Belajar Ditinjau dai Gaya Belajar Siswa Kelas V MI Ma'arif Setono Jenangan Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
llllllllllllllllll.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sumarti, Endang Sri. 2024. Keaktifan Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas
V MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing: Ayunda Riska Puspita, M.A.
Kata kunci: keaktifan belajar, gaya belajar, siswa kelas v
Kemampuan siswa dalam hal menangkap pelajaran di MI Ma’airf Setono
berbeda-beda. Ada sebagian siswa yang cepat, ada juga yang lambat dalam menangkap
materi. Oleh karena itu, mereka juga memiliki cara yang berbeda-beda dalam hal
memahami materi. Sebagian dari siswa akan suka jika cara mengajar gurunya dengan
menuliskan segala materi di papan tulis, ada juga yang hanya dijelaskan saja sudah
paham.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan keaktifan belajar
siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Ma’arif Setono, (2)
mendeskripsikan gaya belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI
Ma’arif Setono, (3) mendeskripsikan keaktifan belajar ditinjau dari gaya belajar siswa
pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V Ma’arif Setono.
Penelitian ini bertempat di MI Ma’arif Setono Kecamatan Jenangan Kabupaten
Ponorogo dimulai pada tanggal 15 Maret – 28 Maret 2024. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
pada penelitian ini menggunakan reduksi data yang didapat dari hasil angket keaktifan
belajar dan angket gaya belajar. Pengambilan data didapat dari hasil angket keaktifan
belajar dan angket gaya belajar. Peneliti menyajikan data dari hasil angket dalam
bentuk narasi dengan maksud mudah di pahami oleh peneliti maupun pembaca.
Dalam penelitian ini diperoleh hasil pertama, keaktifan belajar siswa kelas V
MI Ma’arif Setono dengan predikat sangat aktif sebanyak 3 siswa, predikat aktif
sebanyak 17 siswa, dan predikat cukup sebanyak 4 siswa. Kedua, gaya belajar siswa
adalah dengan rincian 11 siswa memiliki gaya belajar visual, 10 siswa dengan gaya
belajar kinestetik, dan 3 siswa dengan gaya belajar auditorial. Ketiga, siswa yang
memiliki keaktifan belajar sangat aktif terdiri dari 3 siswa, yaitu 2 siswa dari gaya
belajar kinestetik dan 1 siswa dari gaya belajar visual. Untuk siswa yang tingkat
keaktifannya sangat aktif pada saat di dalam kelas sudah berani bertanya, menjawab.
Siswa yang memiliki keaktifan belajar aktif terdiri dari 17 siswa, dengan rincian 9
siswa dari gaya belajar visual, 5 siswa dari gaya belajar kinestetik, dan 3 siswa dari
gaya belajar auditorial. Siswa tersebut sudah berani bertanya tetapi belum dapat
menjawab pertanyaan guru. Siswa yang keaktifannya cukup terdiri dari 4 siswa, yaitu
1 dari gaya belajar visual dan 3 dari gaya belajar kinestetik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ayunda Riska Puspita |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 06:43 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 06:43 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30038 |
Actions (login required)
View Item |