Ni'mah, Faiqotu Izzatin (2024) Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Kualitas Kepribadian Peserta Didik Di Madrasah Diniyah Hasan Abdullah Beduri Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
skripsi watermark.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ni’mah, Faiqotu Izzatin. 2024. Manajemen Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kualitas Kepribadian Peserta Didik di Madrasah Diniyah Hasan Abdullah Beduri Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Manajemen Pendidikan Karakter
Era globalisasi saat ini menjadikan pendidikan sebagai tujuan utama dalam menanamkan karakter, khususnya pendidikan agama. Diakui atau tidak, ada krisis nyata di masyarakat mengenai aset kita yang sangat berharga, yaitu anak-anak kita. Krisis tersebut antara lain meningkatnya pergaulan bebas, perundungan/bullying, pencurian, kebiasaan menyontek, merusak hak milik orang lain, dll. Akibat yang ditimbulkan cukup berat dan tidak dapat lagi dianggap sebagai suatu hal yang sederhana karena perbuatan tersebut mengakibatkan terjadinya tindak pidana. Tanggung jawab yang besar dalam membantu anak muda menghadapi tantangan ini biasanya dilimpahkan ke sekolah. Sekolah diharapkan menjadi pusat perubahan sosial atau tempat terjadinya penanaman pendidikan karakter. Oleh karena itu, Madrasah Diniyah Hasan Abdullah telah mengantisipasi hal tersebut dengan mengoptimalkan peran madrasah diniyah dalam menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Perencanaan pendidikan karakter dalam meningkatkan kualitas kepribadian peserta didik di Madrasah Diniyah Hasan Abdullah. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter dalam meningkatkan kualitas kepribadian peserta didik di Madrasah Diniyah Hasan Abdullah. (3) Evaluasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kualitas kepribadian peserta didik di Madrasah Diniyah Hasan Abdullah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana peneliti merupakan instrumen dalam pengumpulan data di lapangan. Pengumpulan data oleh peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya akan dideskripsikan dan dianalisis, terakhir peneliti akan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan karakter harus ditanamkan sejak dini dalam mewujudkan perubahan dalam aspek kehidupan, khususnya kualitas kepribadian peserta didik di Madrasah Diniyah Hasan Abdullah. Perencanaan pendidikan karakter didasarkan pada visi, misi, serta tujuan madrasah. Oleh karena itu, aspek nilai karakter, moralitas, nasionalisme, tanggung jawab, dan kepemimpinan yang tinggi menjadi ciri khas dari madrasah tersebut. (2) Pelaksanaan kegiatan yang ada di Madrasah Diniyah Hasan Abdullah yaitu: murojaah, bersalaman setiap bertemu dengan guru, sholat berjamaah, wirid setelah sholat, tadarus Al-Qur’an, belajar bersama. (3) Evaluasi pendidikan karakter di Madrasah Diniyah Hasan Abdullah dilakukan dengan berbagai bentuk oleh kepala madrasah baik dalam jangka waktu mingguan, bulanan atau bahkan tahunan. Hasilnya, peserta didik memiliki tingkat kesadaran dan pemahaman yang tinggi, serta minat dan komitmen untuk menerapkan kebajikan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Thoyib |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 06:12 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 06:12 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30032 |
Actions (login required)
View Item |