Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di MI Terpadu Nurul Amal Parang Desa Wadung Kecamatan Parang Kabupaten Magetan

Nurul, Hidayah (2024) Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di MI Terpadu Nurul Amal Parang Desa Wadung Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502220036_NURUL HIDAYAH_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hidayah, Nurul, 2024. Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan pelaksanaan P5 di MI Terpadu Nurul Amal Parang, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Nur Kolis, Ph.D., Dr. Dhinuk Puspita Kirana, M. Pd.
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kepala Madrasah, Proyek Penguatan Pelajar Pancasila
Penelitian ini dilatarbelakangi Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah MI Terpadu Nurul Amal Parang yang melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan baik dan optimal. Dimana Kepala Madrasah mampu mengkoordinasikan, mengarahkan, dan mempengaruhi warga sekolah untuk mencapai enam dimensi profil pelajar Pancasila, yaitu beriman kepada Tuhan YME, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
Penelitian lapangan ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknis analsis data Miles Huberman dan Saldana, yaitu pengumpulan data, kondensasi, penyajian, dan kesimpulan. Dan uji kredibilitas data terhadap data hasil penelitian kualitatif dilakukan dengan peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, dan kecukupan referensial.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) idealisme kepemimpinan transformasional Kepala Madrasah dalam meningkatkan pelaksanakan (P5) di MI Terpadu Nurul Amal Parang; 2) Motivasi inspiratif kepemimpinan transformasional Kepala Madrasah dalam meningkatkan pelaksanakan (P5) di MI Terpadu Nurul Amal Parang; dan 3) Intellectual stimulation kepemimpinan transformasional Kepala Madrasah dalam meningkatkan pelaksanaan P5 di MI Terpadu Nurul Amal Parang.
Penelitian ini menghasilkan temuan: 1) Idealized influence kepala madrasah dalam meningkatkan pelaksanaan P5 dilakukan dengan menjadi soosk panutan yang bisa diteladani oleh bawahannya, memiliki sikap idealis dan percaya diri, dengan sikap idealis maka semakin terukur visi, misi dan tujuan madrasah, dan semakin meningkatnya komitmen guru dan karyawan. 2) Inspirational motivation kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam pelaksanaan P5 dilakukan dengan pemberian motivasi melalui kata-kata yang menginspirasi, memberikan reward kepada guru dan siswa yang berprestasi, memposisikan dirinya sebagai sahabat dan sebagai teladan yang baik, membangun komunikasi yang baik, dan rela berkorban dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pemimpin. 3) Intellectual stimulation kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam pelaksanaan P5 dilakukan dengan memberikan kebebasan kepada bawahan untuk berpendapat dan memberikan usulan sehingga berdampak muncul rasa nyaman kepada mereka. Memberikan kesempatan kepada guru untuk terus belajar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi supaya meningkatkan profesionalitas guru dan juga meningkatkan pelaksanaan P5 di madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:27
Last Modified: 16 Jul 2024 03:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30017

Actions (login required)

View Item View Item