Rosyadi, Ilham (2024) Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab “Qāmi’ At-Ṭugyān ‘Alā Manẓūmati Syu’ab Al-Īmān” Karya Syaikh Muhammad Nawawi Bin Umar Al-Bantani dan Relevansinya dengan Materi Aqidah Akhlak Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Skripsi Up to E-Thesis_Ilham Rosyadi (201200315).pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Rosyadi, Ilham. 2024. Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab “Qāmi’ At-Ṭugyān ‘Alā Manẓūmati Syu’ab Al-Īmān” Karya Syaikh Muhammad Nawawi Bin Umar Al-Bantani dan Relevansinya dengan Materi Aqidah Akhlak Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.
Kata kunci : Pendidikan Akhlak, Qāmi’ At-Ṭugyān, Buku Mapel Akidah Akhlak Kelas IX
Beberapa fenomena penurunan akhlak yang menghinggapi masyarakat Indonesia saat ini, terutama di kalangan remaja, telah menjadi perhatian serius dalam bidang pendidikan. Peran pendidik dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada peserta didik dirasa sangat penting. Selain itu, pengembangan bahan ajar juga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Karena dengan mengembangkan bahan ajar, peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan secara lebih luas dan mendalam.
Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti berupaya memunculkan karya-karya luar biasa dari para ulama terkemuka zaman dahulu. Salah satu karya fennomenal yang berkaitan dengan akhlak adalah kitab Qāmi’ At-Ṭugyān ‘Alā Manẓūmati Syu’ab Al-Īmān karya Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar Al-Bantani. Kitab tersebut mengandung banyak nilai pendidikan akhlak yang penting untuk disampaikan kepada peserta didik. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk menelaah lebih dalam mengenai (1) materi dalam buku mapel Akidah Akhlak kelas IX; (2) nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Qāmi’ At-Ṭugyān ‘Alā Manẓūmati Syu’ab Al-Īmān yang relevan dengan materi buku mapel Akidah Akhlak kelas IX; dan (3) bentuk implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Qāmi’ At-Ṭugyān ‘Alā Manẓūmati Syu’ab Al-Īmān yang relevan dengan buku mapel Akidah Akhlak kelas IX Madrasah Tsanawiyah.
Penelitian ini dirancang menggunakan motode penelitian kajian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kitab Qāmi’ At-Ṭugyān ‘Alā Manẓūmati Syu’ab Al-Īmān, sedangkan sumber sekundernya diambil dari buku, jurnal dan beberapa penelitian yang relevan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tujuh puluh tujuh pasal cabangan iman dalam kitab Qāmi’ At-Ṭugyān ‘Alā Manẓūmati Syu’ab Al-Īmān, yang mana didalamnya juga banyak memuat materi tentang pendidikan akhlak. Dari ketujuh puluh cabang tersebut hanya dua puluh sembilan cabang saja yang memiliki keterkaitan dengan materi buku mapel Akidah Akhlak kelas IX. Implementasi dari keterkaitan tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk pengembangan bahan ajar yang berupa bahan literatur tambahan bagi peserta didik. Yang mana hal ini juga sudah sesuai dengan dua prinsip pengembangan bahan ajar yaitu relevansi dan kecukupan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmad Nu'man Hakiem |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 03:25 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 03:25 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30014 |
Actions (login required)
View Item |