Pengaruh Pola Asuh Orang tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Tematik Kelas III SDN 2 Mrican Ponorogo

Febriana, Amrotul (2024) Pengaruh Pola Asuh Orang tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Tematik Kelas III SDN 2 Mrican Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210617023-AMROTUL FEBRIANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Febriana, Amrotul 2024. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Tematik Kelas III SDN 2 Mrican Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururuan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ulum Fatmahanik, M.Pd.

Kata Kunci: Pola Asuh Orangtua, Prestasi Belajar

Anak adalah harapan di masa yang akan datang. Anak akan sangat bergantung kepada orang tua termasuk terhadap pola asuh yang diterapkan terhadapnya, sikap baik orang tua dalam mengajar dan mendidik akan menjadikan anak juga menjadi baik dan terdidik. Sebaliknya, jika sikap orang tua pada anak kurang baik, maka akhlak dan sikap anak pun akan menjadi kurang baik. Maka dari itu betapa pentingnya pendidikan untuk anak, karena mereka merupakan generasi masa depan. Hal yang perlu disadari adalah keberadaan orang tua dan anak bagai mata rantai yang saling terkait satu sama lain. Secara rinci hubungan antara anak dan orang tua tersebut dibagi menjadi tiga segi. Pertama, hubungan tanggung jawab orang tua terhadap anaknya. Kedua, hubungan kasih sayang. Ketiga, hubungan masa depan. Atas dasar pemikiran di atas, penulis merasa tertarik untuk membahas masalah tersebut khususnya yang berkenaan dengan pola asuh dalam lingkungan keluarga. Untuk itu penulis tertarik membahas pengaruh pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh yang digunakan orangtua terhadap prestasi yang diperoleh anak. Dengan pembahasan yang lebih dalam pengaruh pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran tematik kelas III SDN 2 Mrican Ponorogo. Dimana pada penelitian ini penulis membahas tiga jenis pola asuh yaitu, pola asuk otoriter, pola asuh demikrasi, dan pola asuh permisif. Dan yang mana dari ketiga pola asuh tersebut yang lebih berpengaruh terhadap prestasi anak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Teknik ini digunakan bila semua anggota populasi dapat digunakan sebagai sampel atau teknik dimana semua anggota populasi dijadikan sampel.
Dari analisis yang dilakukan diperoleh simpulan bahwa, Berdasarkan hasil uji F yang ditunjukkan pada tabel Anova dapat dilihat bahwa nilai signifikansi adalah sebesar 0,449. Hal ini berarti nilai signifikansi berada di atas 0,05 maka H04 diterima Ha4 ditolak atau dengan kata lain Pola Asuh Demokratis, Pola Asuh Otoriter dan Pola Asuh Permisif secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:24
Last Modified: 16 Jul 2024 03:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30012

Actions (login required)

View Item View Item