EVALUASI TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di MAN 1 Ponorogo)

Istiqomah, Siti Nurul (2024) EVALUASI TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di MAN 1 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI NURUL ISTIQOMAH UPLOUD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Istiqomah, Siti Nurul. 2024. Evaluasi Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di MAN 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Menejemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Evaluasi, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Mutu Pendidikan

Kualitas mutu pendidikan yang dibentuk melalui kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. Pendidik dan tenaga kependidikan merupakan sumber daya manusia yang berpengaruh dalam membentuk kualitas mutu pendidikan begitu juga keberhasilan dalam membentuk generasi yang berprestasi. Sehingga, ketersediaan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan harus diperhatikan dan dijaga, salah satu caranya ialah dengan melakukan evaluasi yang dilakukan oleh kepala madrasah.
Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan proses evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. (2) Memamparkan teknik evaluasi yang digunakan pendidik dan tenaga kependidikan. (3) Menganalisis keberhasilan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang disusun menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan menggunakan kondensasi, menyajikan data dan mengambil kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan pendekatan berdasarkan tringulasi sumber dan metode.
Data penelitian kualitatif ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Dari anasis data ini ditemukan bahwa (1) Proses evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dilakukan dengan lima tahapan, yaitu a). mengidentifikasi tujuan spesifik diadakannya evaluasi kinerja. b). menentukan tugas serta tanggung jawab yang harus dijalankan oleh pendidik dan tenaga kependidikan. c). memeriksa tugas-tugas dalam program kerja yang dijalankan oleh pendidik dan tenaga kependidikan. d). menilai hasil program kerja yang telah diperiksa sebelumnya. e). membicarakan hasil penilaian dengan pendidik dan tenaga kependidikan. (2) Teknik evaluasi yang digunakan Kepala Sekolah sebagai evaluator ialah supervisi. Supervisi atau kegiatan pemeriksaan dan pengawasan yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung berarti Kepala Sekolah hanya menilai dari program kerja tertulis.. (3) Keberhasilan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan di MAN 1 Ponorogo melibatkan lima faktor, yaitu pertama syarat, peran dan tanggung jawab Kepala Madrasah. Kedua, syarat dan kompetensi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. Ketiga, keberhasilan dari prestasi peserta didik. Keempat, kurikulum yang digunakan. Kelima, jaringan kerja sama yang baik antar sekolah maupun luar sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: FATA ASYROFI YAHYA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:23
Last Modified: 16 Jul 2024 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30011

Actions (login required)

View Item View Item