Rupin, Rupin (2024) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Manajemen Pendidikan Kewirausahaan Dalam Membentuk Sikap Wirausaha Pada Siswa Di SMAN 1 Badegan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Rupin. 2024. Manajemen Pendidikan Kewirausahaan dalam membentuk Sikap
Wirausaha Pada Siswa di SMAN 1 Badegan Ponorogo. Sikripsi. Jurusan
Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Ghafar, M.Pd.I
Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Kewirausahaan, Sikap Wirausaha, Doble
Track.
Data Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur pada tahun 2018 menerangkan
jumlah lulusan SMA sebanyak 172.063 orang. dengan lulusan yang melanjutkan ke
perguruan tinggi sebanyak 32,16% atau 55.341 orang, sedangkan siswa yang tidak
melanjutkan ke perguruan tinggi yaitu mencapai 116.722 orang atau 67,84% lebih banyak
siswa yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Demi menegembangkan lulusan yang
memiliki keterampilan maka pemerintah menciptakan program double track untuk
memberikan pembekalan keterampilan kepada siswa.
Berdasarkan latar belakang di atas penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui
perencanaan pendidikan kewirausahaaan dalam membentuk sikap wirausaha pada siswa
di SMAN 1 Badegan (2) untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan kewirausahaan dalam
membentuk sikap wirausaha pada siswa di SMAN 1 Badegan (3) untuk mengetahui
evaluasi pendidikan kewirausahaan dalam membentuk sikap wirausaha pada siswa di
SMAN 1 Badegan
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis
penelitian studi kasus. Data primer berupa hasil wawancara kepada narasumber, trainer,
dan siswa double track. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi, berupa catatan atau
tulisan. Informan yang digunakan adalah dengan menggunakan purposive sampling.
Analisis dilakukan bersamaan dengan penyajian data berdasarkan pendekatan penelitian,
dengan metode diskriptif-analitik.
Adapun penelitian ini menemukan hasil sebagai berikut: 1) perencanaan
pendidikan kewirausahaan dalam membentuk sikap wirausaha pada siswa yaitu melalui
progam double track dengan langkah-langkah; membuat kepengurusan, merumuskan
tujuan dan jurusan yang akan dibuka, dan pemetaan siswa. Dalam membuat
kepengurusan dan merumuskan tujuan melibatkan kepala sekolah, waka kurikulum, waka
kesiswaan, koordinator doble track, dan guru/trainer. Selanjutnya dalam pemilihan
jurusan, pihak terkait memutuskan untuk membuka 3 jurusan, yaitu tata busana, tata
boga, dan desain grafis (multimedia). Sedangkan dalam pemetaan siswa pihak sekolah
mengutamakan siswa yang nantinya tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. 2) Sedangkan
pelaksanaanya dalam membentuk sikap wirausaha pada siswa progam double track di
SMAN 1 Badegan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu, proses pembelajaran di
kelas menggunakan model pembelajaran tuntas dan metode pelatihan berbasis produksi.
3) Adapun evaluasi dilakukan dengan dua tipe yaitu evaluasi hasil belajar yang
dilaksanakan dengan tes ujian CBT bekerja sama dengan pihak ITS dan uji praktek.
Sedangkan yang lainnya evaluasi progam double track di SMAN 1 Badegan dilakukan
dengan pihak Dinas Pendidikan Jawa Timur setiap 1 tahun sekali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dr. Muhammad Ghafar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 03:23 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 03:23 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30010 |
Actions (login required)
View Item |