Muyasaroh, Wiji Inganatul (2024) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Strategi Penanaman Nilai Karakter Peserta Didik melalui Ekstrkurikuler Kaligrafi (Studi atas Binkat Ibnu Muqlah Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI WIJI INGANATUL MUYASAROH 210317253.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Muyasaroh, Wiji Inganatul, 2024. Strategi Penanaman Nilai Karakter Peserta Didik melalui Ekstrkurikuler Kaligrafi (Studi atas Binkat Ibnu Muqlah Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler Kaligrafi
Pendidikan karakter merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kehidupan seseorang, melalui pendidikan karakter seseorang dapat meningkatkan kecerdasan, ketrampilan, mengembangkan potensi diri dan dapat membentuk pribadi yang mandiri, kerja keras, kreatif, bertanggung jawab. Itu sebabnya pendidikan karakter merupakan kebutuhan mendasar bagi peserta didik. Antara lain disebabkan karena peta pendidikan modern hanya mengandalkan sisi kognitif belaka, sementara sisi afektif dan psikomotorik tak terlalu terlihat dampaknya.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui strategi penanaman nilai karakter siswa melalui ekstrakurikuler kaligrafi. 2) Mengetahui keberhasilan strategi penanaman nilai karakter siswa melalui ekstrakurikuler kaligrafi. 3) Mengetahui Faktor pendukung dan penghambat strategi penanaman nilai karakter siswa melalui ekstrakurikuler kaligrafi.
Penelitian ini menggunakan strategi kualitatif dengan Teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis melalui tahap kondensasai data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam memeriksa keabsahan data, peneliti menggunakan pendekatan triangulasi sumber, dimana keabsahan data dapat diperiksa melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan di lapangan didapatkan bahwa, penanaman nilai karakter yang dilakukan oleh guru dalam ekstrakulikuler kaligrafi diantaranya, menggunakan strategi moral knowing, moral feeling dan moral doing. Strategi penanaman nilai kaligrafi diorientasikan pada penguasaan penulisan kaligrafi, pemahaman tentang nilai-nilai yang dimuat dalam materi. Peserta didik dalam hal ini diharapkan mampu mengetahui nilai karakter, memiliki kesadaran tentang nilai karakter, memiliki kemampuan mengambil pelajaran. Keberhasilan penanaman nilai karakter dapat dilihat dari perubahan perilaku siswi yang mengikuti ekstrakulikuler kaligrafi, di dalam kelas ataupun di luar kelas. Diantaranya, peserta didik mampu menemukan sesuatu yang baru yang belum pernah ada yang berasal dari inisiatifnya sendiri, menemukan cara dengan ide sendiri untuk menyelesaikan tugas, dapat mengolah otak untuk memikirkan alternatif atau pemecahan masalah yang baru, mampu membawa pengaruh baik terhadap pribadi peserta didik juga pondok pesantren. Hal tersebut selaras dengan pilar-pilar karakter di Indonesia yang menjadi tujuan pendidikan karakter. Diantaranya karakter kreatif, mandiri, kerja keras, tanggung jawab, percaya diri, dan religius.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Fata Asyrofi Yahya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 00:55 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 00:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30001 |
Actions (login required)
View Item |