Fatmasari, Diah Ayu (2024) Implementasi Kegiatan Bina Iman dalam Penanaman Nilai Islam pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Mutiara Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI AYU upload nyg e tesis yooo.pdf Download (955kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Fatmasari, Diah Ayu. 2024. Implementasi Kegiatan Bina Iman dalam Penanaman Nilai-nilai Islam pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Mutiara Sambit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dwi Ulfa Nurdahlia, M.Si.
Kata kunci: Nilai Islam, Bina Iman
Dewasa ini di Ponorogo banyak terjadi permasalahan dalam hal penyimpangan yang dilakukan oleh anak-anak dibawah umur seperti pembulian, pencurian, kejahatan seksual, dan sebagainya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengajarkan nilai-nilai islam kepada anak-anak sebab mereka adalah penerus masa depan bangsa. Peran sekolah dasar di sini sangatlah penting dalam mengajarkan nilai-nilai islam. Seperti halnya peran yang dilakukan oleh MI Mutiara sebagai jenjang sekolah dasar berbasis islam yang menerapkan kegiatan bina iman sebagai upaya penanaman nilai islam pada siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi kegiatan bina iman di MI Mutiara (2) mengetahui perubahan akhlak siswa melalui kegiatan bina iman di MI Mutiara.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif (qualitative research) dengan jenis studi kasus yang dilakukan di MI Mutiara Maguwan, Sambit, Ponorogo. data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan bina iman diimplementasikan dalam beberapa hal seperti halnya pembiasaan yang meliputi didalamnya keteladanan dengan meneladani sifat nabi dan rosul melalui kegiatan sirah nabawiyah, meneladani contoh guru, dan tokoh inspiratif lainnya. Yang kedua adalah pembiasaan akhlak bermajelis, pembiasaan ketertiban mengikuti kegiatan, pembiasaan sholat berjama’ah, pembiasaan berakhlak baik, dan sebagainya. Yang ketiga adalah nasehat yang disampaikan dalam kegiatn bina iman untuk menambah pengetahuan peserta didik tentang nilai-nilai islam sebagai bekal untuk berakhlak yang baik. Yang keempat adalah hukuman yang dilakukan dengan memberikan teguran dan konsekuensi bagi peserta didik yang melanggar tata tertib dan juga melanggar akhlak-akhlak mulia. Hukuman ini merupakan upaya pendisiplinan bagi peserta didik yang dibuat dengan unsur mendidik tanpa adanya kekerasan fisik maupun mental. Implementasi kegiatan bina iman tersebut mewujudkan perubahan akhlak peserta didik dalam kehidupan kesehariannya baik itu akhlak kepada Allah dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangannya, akhlak kepada sesama manusia dengan menghormati orang tua dan menyayangi sesama, kemudian akhlak terhadap lingkungan dengan menyayangi binatang dan juga tumbuhan sekitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dwi Ulfa Nurdahlia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 00:50 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 00:50 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29992 |
Actions (login required)
View Item |