Prabowo Latif, Latif (2024) Profil Motiasi Sisw dalam Pembelajaran Materi IPS di MIN 2 Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
A5 SKRIPSI LATIF PRABOWO.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Prabowo, Latif. 2024. Profil Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Materi IPS di MIN 2 Wonogiri (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran IPAS di Materi IPS MIN 2 Wonogiri). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Esti Yuli Widayanti M.Pd,.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, orangtua, guru, dan siswa.
Motivasi belajar merupakan suatu tindakan yang tumbuh dari dalam diri siswa dan tumbuh dari luar diri siswa dengan mempengaruhi perubahan sikap dan perilaku siswa tersebut. Motivasi belajar dalam pembelajaran materi IPS ini terdapat 2 faktor, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Terbentuknya perubahan motivasi tersebut dengan semangat belajar materi IPS di mata pelajaran IPAS. Selain faktor tersebut, ada berbagai aspek dalam mempengaruhi motivasi siswa untuk belajar, diantaranya dari aspek lingkungan keluarga, aspek lingkungan madrasah, dan aspek lingkungan sosial.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS di MIN 2 Wonogiri. Penelitian ini dilakukan karena melihat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS masih kurang. Maka peneliti melakukan penelitian di MIN 2 wonogiri untuk mengetahui lebih dalam mengenai gambaran motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS.
Pendekatan dan jenis penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskripstif. Pada pendekatan ini, peneliti membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terperinci dari pandangan responden, dan melakukan studi pada situasi yang alami. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan suatu populasi, situasi atau fenomena secara akurat dan sistematis. Data yang akan diambil adalah data survey yang didapat saat observasi, wawancara kepada informan, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru kelas 5 A, 2 siswa kelas 5 A, dan 2 orangtua siswa dengan topik pembelajaran materi IPS di MIN 2 Wonogiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS di MIN 2 Wonogiri. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dapat disimpulkan bahwa; 1. Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS di MIN 2 Wonogiri dapat ditingkatkan. Guru dapat meningkatkan motivasi cara memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa, serta memberikan contoh yang baik dalam belajar. Keluarga uga memiliki peran penting. 2. Faktor pendorong motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS yaitu melalui guru, lingkungan keluarga, dan lingkungan sosial. 3. Upaya lingkungan madrasah dan keluarga untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran materi IPS di MIN 2 Wonogiri dapat diketahui dari beberapa aspek, yaitu dari aspek minat belajar, hasrat belajar, dan semangat belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS.
ABSTRAK
Prabowo, Latif. 2024. Profil Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Materi IPS di MIN 2 Wonogiri (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran IPAS di Materi IPS MIN 2 Wonogiri). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Esti Yuli Widayanti M.Pd,.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, orangtua, guru, dan siswa.
Motivasi belajar merupakan suatu tindakan yang tumbuh dari dalam diri siswa dan tumbuh dari luar diri siswa dengan mempengaruhi perubahan sikap dan perilaku siswa tersebut. Motivasi belajar dalam pembelajaran materi IPS ini terdapat 2 faktor, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Terbentuknya perubahan motivasi tersebut dengan semangat belajar materi IPS di mata pelajaran IPAS. Selain faktor tersebut, ada berbagai aspek dalam mempengaruhi motivasi siswa untuk belajar, diantaranya dari aspek lingkungan keluarga, aspek lingkungan madrasah, dan aspek lingkungan sosial.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS di MIN 2 Wonogiri. Penelitian ini dilakukan karena melihat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS masih kurang. Maka peneliti melakukan penelitian di MIN 2 wonogiri untuk mengetahui lebih dalam mengenai gambaran motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS.
Pendekatan dan jenis penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskripstif. Pada pendekatan ini, peneliti membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terperinci dari pandangan responden, dan melakukan studi pada situasi yang alami. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan suatu populasi, situasi atau fenomena secara akurat dan sistematis. Data yang akan diambil adalah data survey yang didapat saat observasi, wawancara kepada informan, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru kelas 5 A, 2 siswa kelas 5 A, dan 2 orangtua siswa dengan topik pembelajaran materi IPS di MIN 2 Wonogiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS di MIN 2 Wonogiri. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dapat disimpulkan bahwa; 1. Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS di MIN 2 Wonogiri dapat ditingkatkan. Guru dapat meningkatkan motivasi cara memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa, serta memberikan contoh yang baik dalam belajar. Keluarga uga memiliki peran penting. 2. Faktor pendorong motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS yaitu melalui guru, lingkungan keluarga, dan lingkungan sosial. 3. Upaya lingkungan madrasah dan keluarga untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran materi IPS di MIN 2 Wonogiri dapat diketahui dari beberapa aspek, yaitu dari aspek minat belajar, hasrat belajar, dan semangat belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Esti Yuli Widyanti |
Location: | IAIN Ponorogo |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 08:38 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:38 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29984 |
Actions (login required)
View Item |