Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Budaya Literasi Pada Kelas VIII Di MTsN 2 Ponorogo

Laili, Yustanti Nur (2024) Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Budaya Literasi Pada Kelas VIII Di MTsN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317026_YUSTANTI NUR LAILI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Laili, Yustanti Nur. 2024. Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Budaya Literasi Pada Kelas VIII Di MTsN 2 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Dosen Pembimbing Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd. I.
Kata Kunci: Upaya Guru SKI, Minat Belajar, Budaya Literasi
Guru mempunyai pengaruh yang luas dalam bidang pendidikan. Di sekolah, guru adalah pelaksana pendidikan yang bertanggung jawab menyampaikan pelajaran agar pendidikan dapat berlangsung dengan baik. Di MTsN 2 Ponorogo masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan belajar serta kurangnya minat pada pelajaran SKI sehingga berdampak pada semangat dan nilai siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam membangun dan menumbuhkan minat belajar siswa terutama kelas VIII. Pengambilan minat belajar siswa sebagai objek penelitian ini dikarenakan saat pembelajaran berlangsung banyak siswa yang merasa bosan juga karena kurangnya variasi metode dan media yang digunakan. Oleh karena itu, dalam hal ini guru harus berupaya menyampaikan materi pelajaran dengan baik dan menarik. Upaya tersebut yang nantinya akan menumbuhkan minat siswa.
Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan dan menganalisis upaya guru SKI dalam membangun dan menumbuhkan minat belajar siswa melalui budaya literasi pada kelas VIII di MTsN 2 Ponorogo. (2) Menganalisis apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru SKI dalam menumbuhkan minat belajar siswa melalui budaya literasi pada kelas VIII di MTsN 2 Ponorogo. (3) Menganalisis bagaimana hasil upaya guru SKI dalam membangun budaya literasi pada kelas VIII di MTsN 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus yang menjelaskan tentang upaya menumbuhkan minat siswa melalui budaya literasi pada kelas VIII MTs N2 Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun temuan dari penelitian ini adalah 1) Dalam pembelajaran guru memberikan materi dari berbagai sumber dan tetap menggunakan buku paket pegangan guru, serta guru juga sudah menerapkan berbagai cara atau metode dalam menyampaikan materi. Metode yang akan digunakan tetap menyesuaikan dengan materi yang akan disampaikan dan tetap menerapkan literasi atau membaca buku pelajaran. 2) Faktor penghambat dan pendukung dalam menumbuhkan minat belajar SKI sebagian besar berasal dari diri siswa sendiri adapun faktor penghambat diantaranya kurangnya minat belajar siswa serta kurangnya motivasi diri, sedangkan faktor pendukung diantaranya keinginan siswa untuk belajar, penerapan berbagai metode belajar dan motivasi guru. 3) Hasil dari penerapan literasi dalam pembelajaran yang dilakukan adalah meningkatnya semangat dan minat belajar siswa, rasa antusias siswa yang tinggi saat pelajaran, bertambahnya wawasan serta meningkatnya nilai siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:38
Last Modified: 15 Jul 2024 07:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29981

Actions (login required)

View Item View Item