Astriani, Diah (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Lorong Waktu dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Anak Tingkat Mi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI DIAH ASTRIANI (210617120)..pdf Download (732kB) | Preview |
Abstract
Nilai Pendidikan Akhlak merupakan bagian dari integral dalam
pembangunan. Proses pendidikan yang tidak dapat dipisahkan dari proses itu
sendiri. Dalam penelitian ini selain pendidikan akhlak yang dibahas ada juga
tentang film animasi lorong waktu yang mengisahkan seorang anak yang bernama
Zidan yang selalu ingin tau apa yang terjadi setelah dilakukan sebelumnya. dan di
dalam film tersebut ada juga nilai pendidikan karakter yang mempengaruhi anak
tingkat MI. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan
akhlak yang ada pada film animasi lorong waktu dan bagaimana relevansi
pendidikan akhlak pada film animasi lorong waktu dengan karakter anak tingkat
MI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, nilai pendidikan ahklak
yang terdapat dalam film animasi lorong waktu adalah(1) akhlak terhadap Allah
berupa berdo’a kepada Allah, melaksanakan segala perintah dan larangannya,
mensyukuri nikmat dan karunia allah, tawakkal (berserah diri kepada Allah), dan
memohon ampunan, (2) akhlak terhadap manusia berupa berbakti kepada orang
tua, bersikap baik pada saudara, menjalin hubungan baik dengan keluarga dekat,
berbuat baik kepada tetangga, saling memaafkan, dan tolong menolong, (3) akhlak
terhadap diri sendiri berupa menahan diri dari hawa nafsu, ketabahan dalam
menghadapi musibah, tidak makan dan minum berlebihan, membiasakan
mengucapkan terima kasih kepada orang tua, dan rasa syukur atas kenikmatan
yang tealah diberikan oleh Allah. Kedua, relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak
dalam fim animasi lorong waktu dengan nilai pendidikan karakter anak tingkat
MI, yaitu: (1) nilai pendidikan akhlak terhadap Allah berupa berdo’akepada Allah,
melaksanakan segala perintah dan larangannya, mensyukuri nikma dan karunia
allah, tawakkal (berserah diri kepada Allah), dan memohon ampunan,relevan
dengan nilai pendidikan karakter religious, cintai damai, tanggung jawab, mandiri,
dan demokratis.(2) nilai pendidikan akhlak terhadap manusia berupa berbakti
kepada orang tua, bersikap baik pada saudara, menjalin hubungan baik dengan
keluarga dekat, berbuat baik kepada tetangga, saling memaafkan, dantolong
menolong relevan dengan nilai pendidikan karakter demokratis, mandiri, kerja
keras, cinta damai, bersahabat/komunikatif, (3) nilai akhlak terhadap diri sendiri
berupa menahan diri dari hawa nafsu, ketabahan dalam menghadapi musibah,
tidak makan dan minum berlebihan, membiasakan mengucapkan terima kasih
kepada orang tua, dan rasa syukur atas kenikmatan yang tealah diberikan oleh
Allah relevan dengan nilai pendidikan karakter demokratis, toleransi, kreatif,
menghargai prestasi, peduli sosial, disiplin, demokratis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Berlian Pancarrani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 04:20 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:20 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29973 |
Actions (login required)
View Item |