[SCAN WARNA DENGAN JELAS LEMBAR KEASLIAN TULISAN. MATERAI KURANG JELAS] Strategi Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Hasan Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri Putri Melalui Metode Variasi Bacaan Al-Quran

Salsabilla, Salsabilla (2024) [SCAN WARNA DENGAN JELAS LEMBAR KEASLIAN TULISAN. MATERAI KURANG JELAS] Strategi Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Hasan Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri Putri Melalui Metode Variasi Bacaan Al-Quran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Salsabilla Etheses .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Salsabilla, 2024. Strategi Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan dalam Meningkatan Kualitas Hafalan Santri Melalui Metode Variasi Bacaan Al-Qur’an. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umar Sidiq, M. Ag.
Kata Kunci : Meningkatan Kualitas Hafalan, Variasi Bacaan.
Pondok Pesantren Al-Hasan merupakan salah satu pondok Tahfidzul Quran atau penghafal Al-Qur’an yang berbasis salafi. Yang mana santrinya berasal dari berbagai kalangan dan wilayah yang berbeda-beda, seperti dari lulusan pondok modern, lulusan sekolah formal dan lain-lain. Program Al-Qur’an yang ada di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Hasan dibagi menjadi tiga jenjang yaitu Program bi an-Nadzor, bi al-Ghoib dan Qiroatu Sab’ah.
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa banyak dari penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Hasan yang kurang memperhatikan variasi bacaan dikarenakan latar belakang santri yang berbeda-beda dan juga dalam hal makhorijul huruf, sifat huruf,dan tajwid yang masih belum baik dan benar. Sehingga dengan adanya metode Tahqiq, Hadr, dan Tadwir ini guna memperbaiki kualitas hafalan santri tersebut. Dan sekitar 70% santri mendapatkan kualitas hafalan yang baik serta dapat menyelesaikan hafalannya dengan tepat. Dan selebihnya masih dalam proses belajar dan juga proses menghafal.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode Tahqiq, Hadr, dan Tadwir dalam meningkatkan hafalan santri Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Hasan Putri 2) Untuk memaparkan implikasi penerapan variasi bacaan dalam meningkatkan hafalan santri Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Hasan Putri. Untuk menjawab pertanyaan tersebut , penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah pengurus dan santri putri Pondok Pesantren Taḥfidzul Qur’an Al-Hasan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa 1) Penerapan metode tahqiq, tadwir, dan hadr di pondok pesantren tahfidzul Qur’an Al-Hasan dengan menggunakan sumber utama yaitu Al-Qur’an dan juga didukung oleh Risālatul al-Qurā’ wa al-Huffadz, dan juga menggunakan rujukan kitab at-Tashil. Dengan diawali menggunakan metode tahqiq kemudian metode tadwir dan yang hadr boleh dipergunakan ketika santri tersebut telah lancar dan juga paham makhorijul huruf, sifat huruf dan ilmu tajwid. 2) Implikasi Penerapan metode tahqiq, tadwir, dan hadr di pondok pesantren tahfidzul Qur'an Al Hasan ini membawa manfaat yang baik untuk santri-santri. Terkhusus bagi mereka yang baru masuk ke pondok dengan begitu dapat terlihat kemampuan mereka dalam membaca Alquran. Dan juga dengan metode ini santri akan belajar dengan lebih teliti, tekun dan juga dapat mengetahui kapan mereka menerapkan metode-metode tersebut dengan tepat. Selain itu menjadikan bacaan al-Qur’an lebih terarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:17
Last Modified: 15 Jul 2024 04:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29966

Actions (login required)

View Item View Item