Pengembangan Soft Skill Melalui Ekstrakurikuler Ketarunaan untuk Membentuk Kesiapan Siswa dalam Memasuki Dunia Kerja (Studi di SMKN 1 Bendo Magetan)

Alviani, Vina Mufida (2024) Pengembangan Soft Skill Melalui Ekstrakurikuler Ketarunaan untuk Membentuk Kesiapan Siswa dalam Memasuki Dunia Kerja (Studi di SMKN 1 Bendo Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI VINA MUFIDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pentingnya keterampilan soft skill dalam mendukung kesiapan kerja seseorang untuk dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik menjadikan dunia kerja menuntut kepemilikan soft skill bagi calon tenaga kerjanya. Soft skill memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kesiapan kerja seseorang dibandingkan hard skill. Unsur-unsur soft skill meliputi keterampilan seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain (interpersonal skill) dan mengatur diri sendiri (intrapersonal skill). Dalam upaya mengembangkan soft skill siswa untuk membentuk kesiapan kerja dapat dilakukan melalui ekstrakurikuler ketarunaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan pengembangan soft skill siswa melalui ekstrakurikuler ketarunaan di SMKN 1 Bendo Magetan, (2) Hambatan dan solusi dalam pelaksanaan pengembangan soft skill siswa melalui ekstrakurikuler ketarunaan di SMKN 1 Bendo Magetan, (3) Implikasi pengembangan soft skill melalui ekstrakurikuler ketarunaan terhadap kesiapan kerja siswa di SMKN 1 Bendo Magetan.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Pelaksanaan pengembangan soft skill siswa dalam ekstrakurikuler ketarunaan dilakukan melalui program-program kegiatan ketarunaan yang di dalamnya terkandung kegiatan umum maupun kegiatan keagamaan dengan menerapkan sistem pendidikan secara kemandirian dan kesepakatan bersama. (2) Hambatan dalam pelaksanaan pengembangan soft skill siswa melalui ekstrakurikuler ketarunaan, yaitu masih terdapat siswa yang tidak mematuhi peraturan sekolah, kurang adanya kesadaran diri siswa, serta siswa kurang memiliki semangat dan keseriusan ketika mengikuti kegiatan. Adapun solusi yang diupayakan oleh pihak sekolah, yaitu ketelatenan dalam menyelesaikan hambatan dengan segera, pemberian motivasi dan nasihat, serta bersikap tegas. (3) Implikasi pengembangan soft skill melalui ekstrakurikuler ketarunaan berdampak positif pada siswa, sehingga mendukung terbentuknya kesiapan kerja siswa di SMKN 1 Bendo Magetan. Hal ini ditunjukkan dengan terpenuhinya indikator-indikator kesiapan kerja karena adanya penguasaan soft skill yang baik dalam diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:18
Last Modified: 15 Jul 2024 04:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29959

Actions (login required)

View Item View Item