..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. Strategi Pondok Pesantren Tilawatil Qur'an Al-'Aly Dalam Mencetak Generasi Qari Qariah

Al ' Irsyad, Abdul Hanif (2024) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. Strategi Pondok Pesantren Tilawatil Qur'an Al-'Aly Dalam Mencetak Generasi Qari Qariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200207_Abdul Hanif Al 'Irsyad_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Al ‘ Irsyad, Abdul Hanif. 2024. Strategi Pondok Pesantren Tilawatil Qur’an Al-‘Aly
dalam Mencetak Generasi Qari Qariah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing: Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I.
Kata Kunci: Strategi, PPTQ Al-‘Aly, Tilawah Al-Qur’an, Qari Qariah.
Pondok Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan yang ada di Indonesia
dengan ciri khas memiliki unsur-unsur berupa masjid, kyai, santri, asrama dan kitab-kitab
klasik Islam dengan memfokuskan kegiatan keagamaan sebagai kegiatan utamanya. Di
Pondok Pesantren Tilawatil Qur’an Al-‘Aly, kegiatan utamanya adalah pembelajaran Al-
Qur’an, khususnya adalah tilawah Al-Qur’an. Tilawah Al-Qur’an menjadi fokus
pembelajaran di pondok ini karena hal ini sesuai dengan tujuan yang telah disusun, yakni
Pondok Pesantren Tilawatil Qur’an Al-‘Aly bertujuan mencetak generasi Qur’ani dan
tafaqquh fiddin yang lebih spesifik lagi pada mencetak kader qari qariah. Sehingga
pengelola atau pengasuh membuat sebuah strategi untuk mencapai tujuan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) strategi Pondok Pesantren Tilawatil
Qur’an Al-‘Aly dalam mencetak generasi qari qariah; (2) tantangan yang dihadapi Pondok
Pesantren Tilawatil Qur’an Al-‘Aly dalam mencetak generasi qari qariah; dan (3) implikasi
dari strategi yang dimiliki Pondok Pesantren Tilawatil Qur’an Al-‘Aly dalam mencetak
generasi qari qariah.
Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Data yang dipakai ialah data
deskriptif yang telah didapatkan dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk
menganalisis data yang diperoleh di lapangan, peneliti mengumpulkan seluruh data,
mereduksi dan menyajikan data. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah
strategi Pondok Pesantren Tilawatil Qur’an Al-‘Aly untuk mencetak generasi qari qariah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi Pondok Pesantren Tilawatil
Qur’an Al-‘Aly untuk mencetak generasi qari qariah yaitu dengan metode nasihat dan
motivasi, pendalaman ilmu tajwid, kegiatan sorogan Al-Qur’an, pengunaan metode
pembelajaran tilawah Al-Qur’an meliputi metode jibril, tashih (membenarkan), tikrar
(mengulang), tasmi’ (memperdengarkan), dan pengembangan diri, serta mengikutkan
santri pada Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dan acara-acara tertentu. (2) Tantangan
yang dihadapi Pondok Pesantren Tilawatil Qur’an Al-‘Aly dalam upayanya mencetak
generasi qari qariah berasal dari dalam diri santri, seperti santri belum minat mendalami
tilawah, sebagian mereka mengajinya masih belum lancar dan belum bertajwid, santri tidak
istiqomah berlatih tilawah, santri kurang mencari referensi tilawah, dan santri yang
memiliki keterbatasan dalam hal suara. (3) Terdapat implikasi dari strategi Pondok
Pesantren Tilawatil Qur’an Al-‘Aly yaitu memudahkan santri belajar membaca Al-Qur’an
dan tilawah Al-Qur’an, santri termotivasi dan bersemangat untuk membaca Al-Qur’an,
mental santri semakin tertata, santri menjadi orang yang bermanfaat, dan santri banyak
mendapatkan prestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:14
Last Modified: 15 Jul 2024 04:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29955

Actions (login required)

View Item View Item