Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik Di TK Islam Al-Irsyad Kota Madiun

Vertinno, Rezaldo Syahda Putra (2024) Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik Di TK Islam Al-Irsyad Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Rezaldo Syahda Putra Vertinno-206200038.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Vertinno, Rezaldo Syahda Putra, 2024, Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik di TK Islam Al-Irsyad Kota Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Thoyib, M. Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Kualitas Pembelajaran Peserta Didik
Manajemen sarana dan prasarana digunakan untuk mengelola sebuah sarana dan prasarana dalam memndukung kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Dalam rangka bertujuan untuk meningkatkan pelayanan fasilitas pendidikan di sekolah, TK Islam Al-Irsyad Kota Madiun manajemen sarana dan prasarana pendidikan dengan baik. Tetapi masih terdapat kekurangan dalam proses pemeliharaan dan masih kurangnya tempat untuk menyimpan sarana dan prasarana. Oleh karena itu manajemen sarana dan prasarana harus memiliki strategi untuk mengatasi permasahalan tersebut.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di TK Islam Al-Irsyad Kota Madiun; (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengadaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di TK Islam Al-Irsyad Kota Madiun; (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pemeliharaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di TK Islam Al-Irsyad Kota Madiun; (4) Untuk mengetahui dan menganalisis penghapusan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di TK Islam Al-Irsyad Kota Madiun.
Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini yaitu ketekunan peneliti dengan ditambah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) Perencanaan dan pengadaan sarana dan prasarana di TK Islam Al-Irsyad Kota Madiun dalam pelaksanaannya tahapan dalam perencanaan yaitu melakukan musyawarah, membuat rancangan perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana yang diperlukan, pengajuan ke LPP, membuat pelaporan. (2) Pengadaan yang dilakukan hanya dengan membeli. (3) Pemeliharaan sarana dan prasarana di TK Islam Al-Irsyad Kota Madiun dalam pelaksanaannya tahapan pemeliharaan melakukan monitoring secara berkala dari kepala sekolah dan waka sarana dan prasarana, kemudian membuat buku panduan yang berisi pengecekan sarana dan prasarana secara berkala. (4) Penghapusan sarana dan prasarana di TK Islam Al-Irsyad Kota Madiun dalam Tahapan penghapusan yaitu melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana terlebih dahulu, selanjutnya ketika ada barang yang rusak baru membuat surat pelaporan guna proses penghapusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:11
Last Modified: 15 Jul 2024 04:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29953

Actions (login required)

View Item View Item