Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Akhidah Akhlak di MTs Al-Azhar Sampung Ponorogo.

Jannah, Putri Roudhotul (2024) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Akhidah Akhlak di MTs Al-Azhar Sampung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200371-PUTRI ROUDHOTUL JANNAH-PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Jannah, Putri Roudhotul, 2024. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Akhidah Akhlak di
MTs Al-Azhar Sampung Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing: Dra. Aries Fitriani, M. Pd.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Berpikir Kritis, Akhidah Akhlak
Pada hakikatnya, pembelajaran merupakan suatu proses, yakni proses dalam
hal mengatur, mengorganisasi lingkungan di sekitar peserta didik sehingga dapat
menstimulasi peserta didik untuk melaksanakan proses belajar. Salah satu bentuk
kesuksesan bagi peserta didik dalam proses pembelajaran adalah memiki prestasi
belajar yang tinggi, kecerdasan intelektual hanya berpengaruh sedikit dibandingkan
kecerdasan emosional terhadap kesuksesan seseorang. Tetapi pada kenyataannya
terdapat beberapa peserta didik yang acuh dan tidak mengindahkan perintah dari
guru ataupun peraturan yang sudah dibuat disekolah. Sejalan dalam hal ini Daniel
Goleman juga berpendapat bahwa kecerdasan intelektual (intelligence quotiens)
hanya memberikan 20% terhadap kesuksesan seseorang, sedangkan 80% lainnya
dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kecerdasan emosional.
Selanjutnya untuk mata Pelajaran akhidah akhlak memiliki tiga tahapan yang harus
dimiliki oleh peserta didik, yang dimana ketiga tahapan tersebut bisa menjadikan
peserta didik bisa berpikir lebih kritis tidak hanya sekedar untuk membaca materi
tetapi para peserta didik di tuntut untuk bisa menalar secara kritis yang melibatkan
akal dan fikiran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional
terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran akhidah akhlak di MTs Al-Azhar
Sampung Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
ex-post facto. Teknik pengumpulan data melalui angkat/kuesioner. Populasi yang
digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 120 siswa, dan sampel
yang diambil sebanyak 92 siswa. Teknik analisis data menggunakan regresi linier
sederhana.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa adanya pengaruh kecerdasan
emosinal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata Pelajaran akhidah
akhlak siswa kelas VIII MTs Al-Azhar Tahun ajaran 2023/2024 yaitu: Y = 0,807X
+ 3,294 diperoleh t hitung sebesar 11,647 Jika dibandingkan dengan t table dengan
dk = (n-2 =91) pada taraf signifikansi 5%, maka t hitung lebih besar dari t tabel
(1,990) dengan nilai Sig. (0,000) < α (0,05) sehingga Ho Ditolak. Dalam hal ini
berarti kecerdasan emosional siswa berpengaruh secara signifikan terhadap berpkir
kritis siswa kelas VIII MTs Al-Azhar Tahun ajaran 2023/2024, dengan besaran
koefisien determinasi (

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aries Fitriani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:06
Last Modified: 15 Jul 2024 04:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29951

Actions (login required)

View Item View Item