Maghfiroh, Nila Lailatul (2024) [SCAN LENGKAP DOKUMEN BERIKUT, BUKAN HANYA TTD NYA SAJA : LEMBAR PERSETUJUAN UJIAN, LEMBAR PENGESAHAN, LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN] Nilai-nilai Moral dalam Film Animasi Coco Produksi Walt Disney's Pictures dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Kerja Keras bagi Siswa SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI NILA LAILATUL M.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat saat ini, media masa menjadi salah satu faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap pendidikan karakter anak usia sekolah dasar. Pendidikan tidak hanya didapat melalui sekolah, tetapi bisa juga dari lingkungan, kebiasaan, keseharian, media masa dalam bentuk film animasi dan lain-lain. Namun, tidak semua film animasi memberikan pengaruh positif, ada juga film yang memberikan pengaruh negatif. Salah satu film yang memberikan pengaruh positif adalah film animasi Coco. Animasi Coco merupakan film animasi terbaik tahun 2017. Animasi Coco berhasil memenangkan piala Oscar pada tahun 2018. Selain itu, animasi Coco juga masuk dalam 37 nominasi dari 108 kategori pada festival film. Film tersebut bisa ditonton semua kalangan, di samping juga mengandung nilai kerja keras.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan: (1) bentuk nilai-nilai moral dalam film animasi Coco; (2) relevansi nilai-nilai moral dalam film animasi Coco dengan pendidikan karakter kerja keras siswa SD/MI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Library Research. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi adegan dan dialog antar tokoh dalam film animasi Coco. Data dianalisis menggunakan teknik analisis isi.
Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa: (1) nilai moral religius (2) nilai moral universal. Relevansi nilai moral religius dengan pendidikan karakter kerja keras yaitu siswa yang berkarakter religius akan senantiasa berperilaku positif di lingkungan sekolah dan di luar sekolah, mampu menerapkan prinsip benar dan salah sehingga terhindar dari perilaku negatife. Siswa yang berkarakter religius berperilaku taat dan patuh terhadap peraturan sekolah sebagaimana taat dan patuh terhadap ajaran agamanya, menjunjung tinggi kejujuran, sehingga tercipta siswa yang berprestasi dan berkualitas. Relevansi nilai moral universal meliputi nilai kerja keras dan nilai mengutamakan keluarga. Relevansi nilai kerja keras dalam film animasi Coco dengan pendidikan karakter kerja keras siswa SD/MI dapat memberikan keteladanan bagi siswa untuk bersungguh-sungguh dalam menggapai cita-cita dengan bekerja keras serta berupaya untuk mengatasi berbagai hambatan. Relevansi nilai mengutamakan keluarga dalam animasi Coco dengan pendidikan karakter kerja keras siswa SD/MI adalah melalui keterlibatan keluarga sehingga mampu menjadi media dalam membentuk karakter anak. Melalui kegiatan tersebut anak akan terbiasa bekerja keras dan bertanggung jawab serta dapat mengatasi berbagai masalah yang dihadapi, baik di sekolah maupun dirumah
Nila Lailatul Maghfiroh, 2024. Nilai-Nilai Moral dalam Film Animasi Coco Produksi Walt Disney Pictures dan Relevansinya dalam Pendidikan Karakter Kerja Keras bagi Anak SD/MI. Skripsi. Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Yuentie Sova Puspidalia, M. Pd.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kerja Keras, Animasi Coco.
Di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat saat ini, media masa menjadi salah satu faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap pendidikan karakter anak usia sekolah dasar. Pendidikan tidak hanya didapat melalui sekolah, tetapi bisa juga dari lingkungan, kebiasaan, keseharian, media masa dalam bentuk film animasi dan lain-lain. Namun, tidak semua film animasi memberikan pengaruh positif, ada juga film yang memberikan pengaruh negatif. Salah satu film yang memberikan pengaruh positif adalah film animasi Coco. Animasi Coco merupakan film animasi terbaik tahun 2017. Animasi Coco berhasil memenangkan piala Oscar pada tahun 2018. Selain itu, animasi Coco juga masuk dalam 37 nominasi dari 108 kategori pada festival film. Film tersebut bisa ditonton semua kalangan, di samping juga mengandung nilai kerja keras.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan: (1) bentuk nilai-nilai moral dalam film animasi Coco; (2) relevansi nilai-nilai moral dalam film animasi Coco dengan pendidikan karakter kerja keras siswa SD/MI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Library Research. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi adegan dan dialog antar tokoh dalam film animasi Coco. Data dianalisis menggunakan teknik analisis isi.
Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa: (1) nilai moral religius (2) nilai moral universal. Relevansi nilai moral religius dengan pendidikan karakter kerja keras yaitu siswa yang berkarakter religius akan senantiasa berperilaku positif di lingkungan sekolah dan di luar sekolah, mampu menerapkan prinsip benar dan salah sehingga terhindar dari perilaku negatife. Siswa yang berkarakter religius berperilaku taat dan patuh terhadap peraturan sekolah sebagaimana taat dan patuh terhadap ajaran agamanya, menjunjung tinggi kejujuran, sehingga tercipta siswa yang berprestasi dan berkualitas. Relevansi nilai moral universal meliputi nilai kerja keras dan nilai mengutamakan keluarga. Relevansi nilai kerja keras dalam film animasi Coco dengan pendidikan karakter kerja keras siswa SD/MI dapat memberikan keteladanan bagi siswa untuk bersungguh-sungguh dalam menggapai cita-cita dengan bekerja keras serta berupaya untuk mengatasi berbagai hambatan. Relevansi nilai mengutamakan keluarga dalam animasi Coco dengan pendidikan karakter kerja keras siswa SD/MI adalah melalui keterlibatan keluarga sehingga mampu menjadi media dalam membentuk karakter anak. Melalui kegiatan tersebut anak akan terbiasa bekerja keras dan bertanggung jawab serta dapat mengatasi berbagai masalah yang dihadapi, baik di sekolah maupun dirumah
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yuentie Sova Puspadalia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 04:05 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:05 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29949 |
Actions (login required)
View Item |