Internalisasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran PAI Melalui Platform Merdeka Mengajar Di SMPN 1 Nguntoronadi Magetan

Wulandari, Wahyu (2024) Internalisasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran PAI Melalui Platform Merdeka Mengajar Di SMPN 1 Nguntoronadi Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_WAHYU WULANDARI E THESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maraknya kejadian-kejadian yang bertentangan dengan nilai Pancasila yang melanda di lingkungan pendidikan akhir-akhir ini, menuntut pentingnya program penguatan pendidikan karakter, diantaranya permasalahan krisis pelajar pancasilais. Contohnya peserta didik kurang menghormati dan memperhatikan guru, serta kasus-kasus kekerasan dan bullying di antara sesama siswa. Dengan adanya permasalahan tersebut, perlunya sebuah upaya untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur pancasila.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, strategi, faktor pendukung dan penghambat internalisasi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI melalui PMM di SMPN 1 Nguntoronadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan prosedur pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan (1) proses internalisasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI melalui PMM di SMPN 1 Nguntoronadi terdiri dari tiga tahapan: (a) tahap transformasi seperti kepala sekolah maupun pendidik secara rutin menyampaikan informasi mengenai PMM khususnya topik Profil Pelajar Pancasila kepada anggota komunitas. (b) tahap transaksi berupa penggunaan fitur Bukti Karya dalam PMM memungkinkan guru untuk berkomunikasi secara timbal balik dengan siswa dan sesama guru. (c) tahap transinternalisasi, seperti peserta didik berani dalam menyampaikan ide, gagasan, dan pendapat, serta keseriusan mereka untuk berubah.
(2) Strategi internalisasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI melalui PMM di SMPN 1 Nguntoronadi meliputi: (a) Strategi Keteladanan dengan memberikan contoh perilaku positif sesuai dimensi Berakhlak Mulia, (b) Strategi Pembiasaan untuk membentuk karakter dan kebiasaan positif melalui kegiatan konsisten mendukung dimensi Mandiri, (c) Strategi Ibrah dan Amtsal yang menggunakan cerita untuk menyampaikan pesan moral, mendukung dimensi Bernalar Kritis, (d) Strategi Pemberian Nasihat untuk menghindari perilaku negatif, memperkuat dimensi Bergotong Royong dan Berakhlak Mulia, (e) Strategi Pemberian Janji dan Ancaman untuk memotivasi belajar, mendukung dimensi Kreatif, serta (f) Strategi Kedisiplinan untuk menciptakan lingkungan belajar kondusif, mendukung dimensi Berakhlak Mulia dan Bergotong Royong. (3) Faktor pendukung meliputi adanya pembinaan, fasilitas mendukung dan motivasi pendidik. Sedangkan faktor penghambat mencakup faktor usia, kurangnya persiapan, dan karakter siswa yang beragam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:01
Last Modified: 15 Jul 2024 04:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29929

Actions (login required)

View Item View Item