Penanaman Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini dalam Film Animasi Omar dan Hana

Nilamsari, Nurlaila (2024) Penanaman Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini dalam Film Animasi Omar dan Hana. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD ETHESES ELLA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman serta diikuti dengan adanya teknologi yang semakin berkembang, pendidikan dalam penanaman nilai karakter pada anak usia dini perlu dikembangkan dengan berbagai metode. Hal ini bertujuan untuk dapat mengimbangi adanya perkembangan teknologi serta dalam memanfaatkannya. Salah satu nilai yang sangat menjadi sorotan di kalangan masyarakat yaitu nilai-nilai pendidikan karakter.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film animasi Omar dan Hana, untuk mengetahui relevansi penanaman nilai pendidikan karakter dalam film animasi Omar dan Hana dengan tujuan pendidikan anak usia dini, serta untuk mengetahui metode penanaman nilai pendidikan karakter pada anak usia dini dalam film animasi Omar dan Hana.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif library research yang menggunakan teknik analisis data konten animasi. Sumber data primer dalam penelitian ini langsung dari sumbernya, yaitu film animasi Omar dan Hana yang dipilih secara acak. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari pihak kedua, yaitu buku jurnal serta data-data yang berkaitan dengan objek dan fokus penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti, bahwa terdapat 11 nilai pendidikan karakter dalam film animasi Omar dan Hana pada episode “Semua Ibadah” yaitu nilai religius, tanggung jawab, mandiri, cinta damai, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, peduli sosial, menghargai prestasi, komunikatif/bersahabat, disiplin dan kerja keras. 11 nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film animasi Omar dan Hana memiliki relevansi dengan tujuan PAUD yaitu pada aspek perkembangan nilai agama dan moral, perkembangan sosial emosional, dan perkembangan kognitif anak usia 4-6 tahun. Metode yang digunakan dalam film animasi Omar dan Hana pada episode “Semua Ibadah” yaitu metode Hiwar/dialog, metode Mauidzah/nasihat, metode Pembiasaan/habituation, metode Qishah/cerita, dan metode Uswah/keteladanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Nila puspitasari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:03
Last Modified: 15 Jul 2024 03:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29919

Actions (login required)

View Item View Item