Rahmawati, Dwi Selvi (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. PENGARUH PEMBERIAN SKOR REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS 5 MIN 3 PONOROGO TAHUN AJARAN 2023/2024. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
203200032 dwi selvi rahmawati PGMI .pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Rahmawati, Dwi Selvi. 2024. Pengaruh Pemberian Skor Reward dan Punishment Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas 5 MIN 3 Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024 Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Anis Afifah M. Pd.,
Kata Kunci: Reward, Punishment, Kedisiplinan
Pendidikan merupakan usaha agar terbentuk sumber daya manusia yang berkualitas dalam segi karakter ataupun pengetahuan. Untuk menjadikan SDM yang berkarakter diperlukan sikap disiplin yang tinggi. Disiplin tidak hanya mencakup ketaatan terhadap aturan, tetapi juga melibatkan tanggung jawab, ketekunan, dan kerja keras. Pentingnya membentuk disiplin sejak dini merupakan dasar baik dalam pembentukan karakter dan kesuksesan seseorang. Dalam pembentukan karakter disiplin perlu adanya metode penegakan disiplin yang baik. Diantaranya penegakan disiplin dengan buku skor kepribadian siswa berupa skor reward dan skor punishment.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh skor reward terhadap kedisiplinan siswa kelas V di MIN 3 Ponorogo, (2) Mengetahui pengaruh yang signifikan nilai punishment terhadap kedisiplinan siswa kelas V di MIN 3 Ponorogo, (3) Mengetahui pengaruh nilai reward dan punishment secara bersama-sama terhadap kedisiplinan siswa kelas V di MIN 3 Ponorogo
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi. Teknik analisis datanya menggunakan rumus statistika yaitu regresi linier sederhana dan regresi berganda. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner), observasi, dan dokumentasi
Dari hasil pnelitian ini bisa di tarik kesimpulan, pemberian skor reward tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan siswa keas V semester I MIN 3 Ponorogo. Hal ini di tunjukkan dari signifikansi reward sebesar 0,123 (>0,05) yang ber arti pemberian skor reward tidak berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa kelas V semester 1 MIN 3 Ponorogo. Pada pengujian R square di ketahui sebesar 0,048 atau 0,48% sehingga angka tersebut menegaskan bahwa pemberian skor reward berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa kelas V semester 1 MIN 3 Ponorogo hanya sebesar 0,48%. Pemberian skor punishment berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan siswa kelas V semester I MIN 3 Ponorogo sebesar 29,9%. dengan hasil tingkat signifikansi punishment sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung lebih kecil t tabel sebesar -4,573 lebih kecil 2,012 yang berarti pemberian skor punishment berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa kelas V semester 1 MIN 3 Ponorogo. Pemberian skor reward dan skor punishment secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan siswa kelas V semester I MIN 3 Ponorogo sebesar 32,4% dengan nilai diperoleh f hitung sebesar 11,510 dan f tabel sebesar 3,19, maka f hitung lebih beasar dari f tabel yaitu 11,510 lebih besar dari 3,19 dan tingkat signifikansi 0,00 lebih kecil dari 0,05.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Anis Afifah, M.Pd. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 03:57 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 03:57 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29917 |
Actions (login required)
View Item |