Penerapan Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) dalam Membentuk Keterampilan Sosial Santri di Pondok Pesantren Nurul Akbar Karangtalok Babadan Ponorogo

Al Makky, Ahmad Farhan (2024) Penerapan Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) dalam Membentuk Keterampilan Sosial Santri di Pondok Pesantren Nurul Akbar Karangtalok Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_201200219_Ahmad Farhan Al Makky ETTESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Makky, Ahmad Farhan. 2024. Penerapan Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Dalam Membentuk Keterampilan Sosial Santri Di Pondok Pesantren Nurul Akbar Karangtalok Babadan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ju’subaidi, M. Ag.

Kata Kunci : Pendidikan, Kecakapan Hidup, Keterampilan Sosial.

Salah satu ciri kecakapan hidup yang dibiasakan di pesantren adalah membentuk kemandirian santri. Pendidikan di pesantren tidak hanya tempat transfer ilmu tetapi tempat untuk menumbuhkembangkan jiwa santri dengan keterampilan, kemampuan dan karakter. Akan tetapi dalam realitannya di tengah-trengah masyarakat banyak lulusan pondok pesantren yang merasa kurang memiliki kecakapan dalam berinteraksi sosial dengan masyarakat, banyak santri yang masih minder untuk bersosial dikarenakan merasa kurang mampu dan belum terbiasa terjun langsung kepada masyarakat lingkungan sekitarnya. Peneliti menemukan perhatian khusus dari pihak Pondok Pesantren Nurul Akbar Karangtalok Babadan Ponorogo mengenai kecakapan hidup santri-santrinya, dengan melaksanakan pembiasaan-pembiasaan yang berorientasi agar santri dapat terjun langsung di masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan pendidikan kecakapan hidup (life skill) di Pondok Pesantren Nurul Akbar Karangtalok Babadan Ponorogo. (2) memaparkan program pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam membentuk keterampilan sosial santri di Pondok Pesantren Nurul Akbar Karangtalok Babadan Ponorogo. (3) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam membentuk keterampilan sosial santri di Pondok Pesantren Nurul Akbar Karangtalok Babadan Ponorogo.
Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dngan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data penelitian berasal dari Pengasuh, Asatidz, Pengurus Pondok Pesantren dan Santri di Pondok Pesantren Nurul Akbar Karangtalok Babadan Ponorogo.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pendidikan kecakapan hidup di Pondok Pesantren Nurul Akbar Karangtalok terdiri dari personal skill, thingking skill, social skill, vocational skill dan academic skill. Dalam membentuk keterampilan sosial mengacu pada keterampilan berinteraksi, keterampilan komunikasi, keterampilan bekerja sama dan keterampilan memecahkan masalah. Dalam penerapannya terdapat faktor penghambat dan pendukung yang berupa lingkungan dan kegiatan yang mendukung pendidikan life skill tapi juga terdapat faktor penghambat yang ada disebabkan kurangnya waktu yang dibutuhkan dan kurangnya kesadaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:02
Last Modified: 15 Jul 2024 03:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29910

Actions (login required)

View Item View Item