(BELUM DI WATERMARK DAN MENCAMTUMKAN SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI) Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup di MI Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun

Nuha Bayhaqi, M Ulin (2024) (BELUM DI WATERMARK DAN MENCAMTUMKAN SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI) Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup di MI Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617064 M.ULIN NUHA BAYHAQI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Bayhaqi, Nuha Ulin.M, 2024. Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Di MI Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun. Skripsi, 2024 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Sofwan Hadi, M.Si.

Kata kunci: Peran Pendidikan dan Lingkungan Hidup
Penelitian ini berttujuan untuk nntuk mengetahui pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di MI Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun dan Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di MI Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun. Objek dalam peneltian ini adalah Guru dan juga Tenaga Pendidik yang ada di MI Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) Pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup (PLH) di MI Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun, 2) Faktor penghambat dan pendukung Pendidikan lingkungan hidup (PLH) di MI Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif menggunakan analisis data Kualitatif dengan 3 metodologi yakni Reduksi, Display dan caoclution. jenis penelitian ini adalah study kasus yang berada di Mi Tholabiyah Ngetrep Jiwan Madiun. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah wawancara dan observasi, serta dengan jenis data primer dan sekunder. Data sekunder berasalkan dari Literatur. Penelitian ini Di latar Belakangi oleh rendahnya PLH pada siswa. Berdasarkan teori pendidikan lingkungan menciptakan pola perilaku baru yang bersahabat dengan lingkungan hingga mampu mengembangkan etika lingkunga. Namun hal itu masih berbanding terbalik dari MI Tholabiyah Ngetrep madiun.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persiapan yang dilakukan guru termasuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mencakup seluruh tahapan dari awal hingga akhir pembelajaran, meskipun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya. Langkah-langkah pembelajaran dimulai dari pengenalan materi, diskusi, hingga refleksi dan evaluasi, yang sebagian besar sesuai dengan teori yang ada. Faktor penghambat yang diidentifikasi meliputi waktu yang lama, kesulitan dalam menyelesaikan masalah, dan kebutuhan akan ketelitian tinggi. Sementara itu, faktor pendukung meliputi metode yang menarik dan menyenangkan, serta peningkatan keaktifan dan semangat belajar siswa. Hasil di atas menunjukkan bahwa meskipun terdapat tantangan, penerapan metode diskusi dalam pembelajaran PLH dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa. PLH telah dilaksanakan dengan baik dan efektif namun dengan adanya faktor lain yang menjadi penghambat yang menjadikan PLH belum bisa sepenuhnya di terima oleh siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:00
Last Modified: 15 Jul 2024 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29905

Actions (login required)

View Item View Item