(SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM ADA) Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka Mapel PAI dan Budi Pekerti di SMPN 1 Arjosari Pacitan

Afriansyah, Tasaki Fattah Hdayat (2024) (SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM ADA) Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka Mapel PAI dan Budi Pekerti di SMPN 1 Arjosari Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TASAKI FATTAH HIDAYAT AFRIANSYAH_201200403_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Afriansyah, Tasaki Fattah Hidayat. 2024. Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran Kurikukum Merdeka Mapel PAI Dan Budi Pekerti Guru di SMP 1 Arjosari, Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembibing: Arif Rahman Hakim, M.Pd
Kata Kunci: Asesmen Pembelajaran, Pelaksanaan, Diagnostik, Formatif, Sumatif
Pendidikan agama Islam merupakan mata pelajaran yang wajib diberikan kepada siswa pada setiap jenjang pendidikan. Dapat diartikan bahwa pendidikan agama Islam sangat penting diajarkan disekolah Penentu keberhasilan suatu pembelajaran terletak pada penilaian atau assessment yang dilakukan guru. Kurikulum Merdeka tahun 2022 yang diterbitkan oleh Kemendigbud menyatakan bahwa tahap asesmen pembelajaran dilakukan di awal pembelajaran, saat pembelajaran berlangsung dan pada akhir pembelajaran.
Pada rumusan masalah yang ada pada penelitian ini, peneliti melakukan kegiatan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) Mengetahui pelaksanaan asesmen diagnostik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Arjosari Pacitan. (2) Mengetahui pelaksanaan asesmen formatif pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Arjosari Pacitan. (3) Mengetahui pelaksanaan asesmen sumatif pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Arjosari Pacitan.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Data hasil penelitian lalu dianalisis dengan menggunkan teori milik miles dan Huberman. Pada teori ini meliputi kegiatan penyajian data, mereduksi data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Dalam mencari kridibilitas penelitian yang dilakukan peneliti melakukan kegiatan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode.
Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka Mapel PAI dan Budi Pekerti di SMPN 1 Arjosari telah sesuai dengan pedoman assessment dalam kurikulum merdeka. Dampak pelaksaanan kinerja guru Pendidikan agama Islam dalam asesmen pembelajaran di SMPN 1 Arjosari diantaranya sebagai berikut: Guru yang melakukan asesmen pembelajaran yang akan digunakan untuk kegiatan perencanaan pembelajaran dengan kegiatan Menyusun dan menentukan modul media dan metode, akan berdampak siswa menjadi faham. Menentukan perencanaan pembelajaran dengan tepat menjadikan pembelajaran menjadikan pembelajaran maksimal karena menggunakan instrument sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru PAI SMPN 1 Arjosari menilai aspek kognitif, afektif dan psikomotor menggunakan Teknik ynag bervariasi dengan harapan mampu berdampak bagi siswa dalam proses pembelajaran yang berjalan semaksimal mungkin dan sisiwa mampu memahami materi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:56
Last Modified: 15 Jul 2024 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29902

Actions (login required)

View Item View Item