Huda, Mas Rukhin Lubabul (2024) Implementasi Pengelolaan Filantropi Islam Di MA Miftahul Ulum. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI MASRUKIN 206200115.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI MASRUKIN_IMPLEMENTASI PENGELOLAAN FILANTROPI ISLAM.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan menjadi tanggung jawab bersama sehingga perlu kontribusi secara bersama. Lembaga pendidikan sebagai sarana tempat untuk mencari ilmu pengetahun bagi masyarakat. MA Miftahul ulum lembaga pendidikan yang memiliki proses pendidikan yang berkualitas. Tahun demi tahun mengalami perkembangan dari sarana prasarana sampai tingkat kelulusan. Pelaksanaan pengelolaan filantropi islam dengan baik sangat menunjang proses pendidikan. Filantropi islam menemukan salah satu strategi untuk meningkatkan pendidikan dengan mengelola Filantropi pada sebuah lembaga pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil deskripsi (1) pelaksanaan pengelolaan Filantropi islam di MA Miftahul ulum; (2) Dukungan Pengelolaan filantropi islam di MA Miftahul Ulum; dan (3) hambatan pengelolaan filantropi islam di MA Miftahul ulum.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun Teknik penggalian data dengan menggunakan teknik Observasi, wawancara, serta dokumentasi. Partisipan penelitian agar memperoleh data secara mendalam berasal dari Kepala sekolah, Bendahara sekolah, Peserta didik, WAKA Kesiswaan di MA Miftahul ulum Kedung Panji, Lembeyan, Magetan. Kemudian data penelitian dikomparasikan dengan teori penelitian yang ada. Kemudian memberikan kesimpulan pada penelitian.
Berdasarkan analisis data dari temuan penelitian bahwa (1) pelaksanaan pengelolaan filantropi islam di MA Miftahul ulum terdapat berbagai kegiatan seperti zakat fitrah, zakat mal, pengelolaan infaq dan sedekah untuk pendidikan, serta infaq sebagai penanaman kedisiplinan; (2) Dukungan pelaksanaan filantropi islam di MA Miftahul ulum terdapat dukungan dari masyarakat berupa sedekah material maupun non matrial serta terdapat kesadaran dalam mengelola pelaksanaan sedekah amal jum’at oleh peserta didik; (3) Adapun hambatan pengelolaan filantropi islam di MA Miftahul ulum terdapat sebagian kecil peserta didik yang belum memahami substansi dari pelaksanaan filantropi islam dan kesadaran kurang sebagian kecil dari peserta didik. Solusi pemberian pemahaman menjadi upaya untuk meminimalisir hambatan dalam pengelolaan. Pengelolaan bisa berjalan baik didukung oleh seluruh elemen dalam lembaga pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Athok Fu'adi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 02:43 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 02:43 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29897 |
Actions (login required)
View Item |