Peran Teknologi Gadget dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN4 Jatisrono Wonogiri

Utami, Yuniya Dwi (2024) Peran Teknologi Gadget dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN4 Jatisrono Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
YUNIYA DWI UTAMI_201200428_SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Utami, Yuniya Dwi, 2024, Peran Teknologi Gadget dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Jatisrono. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Arif Rahman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci : Teknologi, Gadget, Pembelajaran PAI

Saat ini teknologi telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Teknologi seperti gadget, telah membawa perubahan dalam bidang pendidikan. Teknologi ini dapat memungkinkan pembelajaran menjadi lebih efektif dan fleksibel, baik dari segi waktu maupun tempat. Untuk itu, teknologi seperti gadget perlu diintregasikan dalam kegiatan pembelajaran agar dapat memaksimalkan potensi belajar siswa. Dengan adanya gadget, siswa dapat mengakses materi pelajaran kapan saja dan di mana saja. Selain itu, berbagai aplikasi dan fitur pada gadget dapat membantu siswa memahami konsep yang sulit dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan. Hal ini sebagaimana yang terjadi di SMPN 4 Jatisrono. SMPN 4 Jatisrono merupakan salah satu sekolah yang telah mengadopsi teknologi seperti gadget sebagai salah satu media pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran PAI.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai (1) Peran teknologi gadget sebagai komplemen dalam kegiatan pembelajaran PAI di SMPN 4 Jatisrono, (2) Peran teknologi gadget sebagai suplemen dalam kegiatan pembelajaran PAI di SMPN 4 Jatisrono, dan (3) Peran teknologi gadget sebagai substitusi dalam kegiatan pembelajaran PAI di SMPN 4 Jatisrono.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi kegiatan pembelajaran PAI menggunakan gadget. Partisipan penelitian berasal dari kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik SMPN 4 Jatisrono. Proses analisis data penelitian ini dilaksanakan saat pengumpulan data penelitian berlangsung dan setelah pengumpulan data selesai sesuai jadwal penelitian. Model analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis Miles, Huberman, dan Johnny yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini didapati bahwa (1) Peran gadget sebagai komplemen atau pelengkap yaitu digunakan untuk melengkapi materi mata pelajaran PAI yang tidak terdapat di buku teks, contoh daripada penerapannya yaitu dengan menggunakan internet untuk mengkases google dan youtube, (2) Peran gadget sebagai suplemen yaitu untuk mencari sumber belajar tambahan pada mata pelajaran PAI, yaitu dengan memanfaatkan akses internet dan google untuk mencari materi yang relevan, (3) Peran gadget sebagai substitusi yaitu dapat menjadi pengganti media konvensional seperti buku teks dalam kegiatan pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:16
Last Modified: 12 Jul 2024 08:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29879

Actions (login required)

View Item View Item