Alfaruq, Mohammad Zidny Albar (2024) Upaya Pendisiplinan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
ETHESIS_Mohammad Zidny Albar Alfaruq.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Alfaruq, Mohammad Zidny Albar. 2024. Upaya Pendisiplinan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Upaya, Kedisiplinan Guru, Kualitas Pembelajaran
Kedisiplinan merupakan persoalan penting dalam proses belajar mengajar di sekolah. Tanpa kedisiplinan, peserta didik dan guru tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik sehingga akan ditemukan pelanggaran-pelanggaran yang mengganggu aktivitas pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pelaksanaan pendisiplinan guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak; (2) mengetahui dan menganalisis faktor-faktor keberhasilan dan penghambat upaya pendisiplinan guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak; dan (3) mengetahui dan menganalisis implikasi pendisiplinan guru pada kegiatan pembelajaran di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan desain atau rancangan penelitian studi kasus. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Ponorogo. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi dengan sumber. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan conclusion drawing (verification).
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) kode etik guru di Madrasah Aliyah Darul Huda merupakan sebuah kebijakan dalam rangka meningkatkan kedisiplinan guru. Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak juga mempunyai sebuah inisiatif atau program khusus dalam upaya pendisiplinan guru, yakni dengan dibentuknya Tim Penggerak Darul Huda (TPDH). Diantara tugas dari TPDH yakni mengabsen setiap guru yang ada di kelas dari awal hingga akhir jam pelajaran. Di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak juga terdapat workshop yang berkaitan tentang kedisiplinan guru yang dilaksanakan setiap setahun sekali. (2) adapun faktor keberhasilan kedisiplinan guru di sini adalah motivasi, pendidikan dan latihan, kepemimpinan, penegakan peraturan. Adapun faktor penghambat kedisiplinan guru adalah hukuman yang membuat turunnya motivasi, ketidakpastian dalam menghadapi berbagai situasi dan kasus yang muncul dalam proses pembelajaran. Banyak guru mengalami kesulitan ketika dihadapkan pada kasus-kasus yang kompleks atau ketika harus menghadapi peserta didik yang sulit diatur. (3) pendisiplinan guru juga mempengaruhi bagaimana guru dihormati dan dihargai oleh peserta didik, sesama staf, dan masyarakat di luar lingkungan kelas. Pendisiplinan guru juga berpengaruh sebagai salah satu kunci untuk memberikan nilai tambah dalam menguasai bahan pembelajaran serta kedisiplinan guru itu juga bisa mengaktifkan peserta didik dalam hal belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wahid Hariyanto |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 08:15 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 08:15 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29878 |
Actions (login required)
View Item |