..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. Profil Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Materi IPS

Latif Prabowo, Latif (2002) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. Profil Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Materi IPS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LATIF PRABOWO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Prabowo, Latif. 2024. Profil Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Materi IPS
di MIN 2 Wonogiri (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran IPAS di Materi IPS MIN 2
Wonogiri). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Esti Yuli Widayanti M.Pd,.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, orangtua, guru, dan siswa.
Motivasi belajar merupakan suatu tindakan yang tumbuh dari dalam diri
siswa dan tumbuh dari luar diri siswa dengan mempengaruhi perubahan sikap dan
perilaku siswa tersebut. Motivasi belajar dalam pembelajaran materi IPS ini
terdapat 2 faktor, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Terbentuknya
perubahan motivasi tersebut dengan semangat belajar materi IPS di mata pelajaran
IPAS. Selain faktor tersebut, ada berbagai aspek dalam mempengaruhi motivasi
siswa untuk belajar, diantaranya dari aspek lingkungan keluarga, aspek
lingkungan madrasah, dan aspek lingkungan sosial.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi
belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS di MIN 2 Wonogiri. Penelitian ini
dilakukan karena melihat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS
masih kurang. Maka peneliti melakukan penelitian di MIN 2 wonogiri untuk
mengetahui lebih dalam mengenai gambaran motivasi belajar siswa dalam
pembelajaran materi IPS.
Pendekatan dan jenis penelitian ini dengan menggunakan pendekatan
kualitatif dan jenis penelitian deskripstif. Pada pendekatan ini, peneliti membuat
suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terperinci dari pandangan
responden, dan melakukan studi pada situasi yang alami. Penelitian deskriptif
bertujuan untuk mendeskripsikan suatu populasi, situasi atau fenomena secara
akurat dan sistematis. Data yang akan diambil adalah data survey yang didapat
saat observasi, wawancara kepada informan, dan dokumentasi. Wawancara
dilakukan kepada kepala sekolah, guru kelas 5 A, 2 siswa kelas 5 A, dan 2
orangtua siswa dengan topik pembelajaran materi IPS di MIN 2 Wonogiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil motivasi belajar siswa
dalam pembelajaran materi IPS di MIN 2 Wonogiri. Berdasarkan hasil analisis
data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dapat
disimpulkan bahwa; 1. Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS di
MIN 2 Wonogiri dapat ditingkatkan. Guru dapat meningkatkan motivasi cara
memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa, serta memberikan contoh
yang baik dalam belajar. Keluarga uga memiliki peran penting. 2. Faktor
pendorong motivasi belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS yaitu melalui
guru, lingkungan keluarga, dan lingkungan sosial. 3. Upaya lingkungan madrasah
dan keluarga untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran materi IPS di MIN 2
Wonogiri dapat diketahui dari beberapa aspek, yaitu dari aspek minat belajar,
hasrat belajar, dan semangat belajar siswa dalam pembelajaran materi IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Esti Yuli Widayanti
Location: IAIN Ponorogo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:15
Last Modified: 12 Jul 2024 08:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29875

Actions (login required)

View Item View Item