..(UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI METODE BAGHDA>DIYYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI LANJUT USIA DI MASJID BAITUR ROCHMAH KECAMATAN NGAWI DAN MASJID AN-NUUR KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI

Hidayanti, Sanita Nur (2024) ..(UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI METODE BAGHDA>DIYYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI LANJUT USIA DI MASJID BAITUR ROCHMAH KECAMATAN NGAWI DAN MASJID AN-NUUR KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
505220030_Sanita Nur Hidayanti_Pendidikan Agama Islam.docx

Download (1MB)

Abstract

Di zaman modern ini banyak ditemukan masyarakat lanjut usia mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Sehingga banyak orang tua yang tidak bisa mengajarkan kepada putra putrinya, serta kesulitan dalam membaca bacaan sholat dikarenakan belum mengenal huruf-huruf Al-Qur’an. Dalam memberikan pembelajaran Al-Qur’an memerlukan metode yang mendukung tingkat kemampuan kognitif lansia yaitu metode Baghda>diyyah yang dapat memudahkan proses pembelajaran Al-Qur’an dengan memberikan panduan praktis dalam mengenali dan membaca huruf-huruf arab, serta melatih kemampuan membaca teks-teks Al-Qur’an dengan benar. Metode ini banyak digunakan bagi pemula atau orang yang baru belajar membaca huruf arab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus multi situs di masjid Baitur Rochmah Kecamatan Ngawi dan masjid An-Nuur Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana berupa kondensasi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi.
Hasil penelitian ini mengenai implementasi metode Baghda>diyyah dalam meningkatkan kemampuan membaca lansia di masjid Baitur Rochmah Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi yaitu: (1) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Baghda>diyyah, (a) Di masjid Baitur Rochmah, kegiatan dilaksanakan setiap hari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis sore dengan strategi kooperatif menggunakan tahapan pembelajaran Al-Qur’an meliputi pengenalan huruf Hijaiah, huruf Hijaiah berharokat, menghafal, dan membiasakan membaca ayat, (b) Di masjid Baitur Rochmah, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Ahad malam dengan strategi pembelajaran langsung menggunakan tahapan pembelajaran Al-Qur’an meliputi pengetesan kemampuan, pengenalan huruf Hijaiah, huruf Hijaiah berharakat, menghafal, dan membiasakan membaca ayat, (2) Distingsi pembelajaran Al-Qur’an bagi lansia dengan metode Baghda>diyyah di Masjid Baitur Rochmah dan Masjid An-Nuur dapat disimpulkan bahwa konsep pembelajaran ini dianalogikan sebagaimana “Reboisasi” yaitu menanamkan kembali kemampuan membaca Al-Qur’an santri lanjut usia pada masa mudanya sudah mempelajari tentang Al-Qur’an. (3) Implikasi metode Baghda>diyyah efektif dalam pembelajaran Al-Qur’an lansia (a) Di masjid Baitur Rochmah diwujudkan dalam kegiatan khataman setiap hari Jum’at dengan tujuan membiasakan dan mengevaluasi kemampuan membaca dan hukum tajwid (b) Di masjid An-Nuur diwujudkan dalam kegiatan rutin Khotmu al-qura>n dan Asma>ul h}usna> serta pembahasan Kitab Safi>nah al-naja> setiap hari Sabtu Kliwon dengan tujuan memberikan pembiasaan dan evaluasi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an lansia meliputi kelancaran, makhra>rij al-h}uruf dan tajwid.

Kata Kunci: Metode Baghda>diyyah, Kemampuan membaca Al-Qur’an, lanjut usia.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kolis Muh. tasrif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:21
Last Modified: 12 Jul 2024 03:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29863

Actions (login required)

View Item View Item