Faradilla, Detisha (2024) ..(TAMBAHKAN ABSTRAK, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Implementasi Program Sekolah Penggerak dan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Jetis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
skripsi faradilla publikasi.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Mendikbud merilis program baru pada tahun 2022 lalu yang bernama Program Sekolah Penggerak. Program ini digunakan untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia melalui pembentukan siswa Pancasila yang berpikir kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global. Dalam hal ini motivasi belajar juga memiliki andil dalam perwujudan peningkatan prestasi akademik siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh implementasi program sekolah penggerak terhadap prestasi akademik siswa di SMAN 1 Jetis; (2) Memaparkan dan menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa di SMAN 1 Jetis; (3) Menjelaskan dan menganalisis secara bersama-sama pengaruh implementasi program sekolah penggerak, dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa di SMAN 1 Jetis.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode Kuantitatif dengan menggunakan penelitian kausal komparatif (ex-post facto). Pengambilan data dilakukan melalui angket terbuka, observasi dan dokumentasi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berasal dari seluruh siswa kelas sepuluh (X) di SMAN 1 Jetis Kabupaten Ponorogo. Pada penelitian ini, digunakan teknik pengambilan sampel jenuh karena jumlah keterwakilannya tidak meningkat, sehingga tidak mempengaruhi nilai data yang diperoleh. Data hasil penelitian kemudian diolah dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS Statistics 26.
Berdasarkan hasil analisa olah data yang dilakukan, ditemukan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan implementasi program sekolah penggerak terhadap prestasi akademik siswa di SMAN 1 Jetis dibuktikan dengan hasil perhitungan nilai t hitung 3.314 > t tabel 2.010 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 yang berarti berpengaruh positif dan signifikan; (2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa di SMAN 1 Jetis yang dibuktikan dengan hasil uji t hitung 2,510 > t-tabel 2,010 dan nilai signifikansi sebesar 0,015 < 0,05 yang menyatakan bahwa variabel motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar; (3) Ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama implementasi program sekolah penggerak, motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa di SMAN 1 Jetis, yang dibuktikan dengan perolehan hasil dari Uji-F dari variabel implementasi program sekolah penggerak dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik mendapatkan hasil nilai f-hitung 10,208 > f-tabel 4,013 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa implementasi program sekolah penggerak dan motivasi belajar berpengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik siswa di SMAN 1 Jetis secara simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Thoyib |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 03:18 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:18 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29858 |
Actions (login required)
View Item |