Saqdiah, Halimatun (2001) Penerapan Metode Tasmi dan Takrir dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an Santriwati Al-Muqorrobin Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
ETHESIS SKRIPSI HALIMATUN SAQDIAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Saqdiah, Halimatun. 2024. Penerapan Metode Tasmi’ dan Takrir dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santriwati Al-Muqorrobin Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M. Pd.I.
Kata Kunci: Penerapan, Metode Tasmi’ dan Takrir, Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an
Saat ini ada beragam metode yang telah dikembangkan oleh para ahli untuk memudahkan dan meningkatkan dalam proses menghafal al-Qur'an. Salah satu metode yang sangat penting dalam menjaga hafalan, yang juga digunakan oleh Rasulullah Saw kepada para sahabatnya adalah pengulangan, yang dikenal sebagai metode takrir. Selain itu metode lain yang berperan penting adalah metode tasmi', di mana seseorang memperdengarkan hafalan mereka kepada orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) penerapan metode tasmi’ dan takrir dalam meningkatkan hafalan santriwati, (2) manfaat penerapan metode tasmi’ dan takrir dalam meningkatkan hafalan santriwati, (3) pendukung dan penghambat penerapan metode tasmi’ dan takrir dalam meningkatkan hafalan santriwati.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini lalu dianalisis menggunakan model analisa Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondesi data, penyajian data, dan verifikasi data untuk menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa: 1) Penerapan metode tasmi’ dalam pelaksanaan hafalan al-Qur’an santriwati, Penerapan metode tasmi’ dikelompokkan menjadi tiga yaitu, tasmi’ 1 juz, tasmi’ 5 juz dan tasmi’ sesuai jumlah juz yang diperoleh. Dan Penerapan metode takrir diterapkan dengan empat cara atau teknik yakni takrir bersama, takrir sendiri, takrir dalam sholat dan takrir di hadapan guru, hal ini tidak terlepas dari kegiatan tahfidz dan kegiatan tasmi’; 2) Manfaat penerapan metode tasmi’ dan takrir, manfaatnya ialah dengan menerapkan metode ini menghafal al-Qur’an akan menjadi mudah karena terbiasa membaca al-Qur’an secara rutin dan terjadwal serta dengan menerapkan metode ini santriwati tidak mudah lupa juga menambah kemantapan dalam penguatan hafalan; 3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tasmi dan takrir. Faktor pendukung mencakup keberadaan guru yang tegas dan konsisten, motivasi dari orangtua, lingkungan belajar yang kondusif, teman sebaya yang rajin, dan tingkat kecerdasan yang memadai. Di sisi lain, faktor penghambat mencakup kecenderungan santriwati untuk merasa malas, mengantuk, kehilangan semangat, serta kurangnya dukungan dan waktu dari guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Afif Syaiful Mahmudin |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 03:17 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:17 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29855 |
Actions (login required)
View Item |