Studi Komparasi Model Problem Based Learning dan Model Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Jenis Kelamin Kelas VII MTs Al–Azhar Sampung Ponorogo

Mukminin, Isnaini Nasrul (2024) Studi Komparasi Model Problem Based Learning dan Model Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Jenis Kelamin Kelas VII MTs Al–Azhar Sampung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208200070. ISNAINI NASRUL MUKMININ. TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mukminin, Isnaini Nasrul. 2024. Studi Komparasi Model Problem Based Learning dan Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Jenis Kelamin Kelas VII MTs Al–Azhar Sampung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci: Model PBL, Model TGT, Hasil Belajar IPS
Hasil belajar siswa antara satu dan lainnya pasti berbeda pengaruhnya meliputi minat belajar, motivasi belajar dan model pembelajaran yang diterapkan guru. Mengatasi permasalahan tersebut guru menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Teams Games Tournament. Selain itu hasil belajar yang berbeda antara laiki-laki dan perempuan membuat penulis untuk meneliti tentang perbedaan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran dan hasil belajar IPS laki-laki dan perempuan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar IPS ketika diberi tindakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model Teams Games Tournament materi keberagaman sosial budaya di masyarakat pada siswa kelas VII MTs Al-Azhar Sampung, penelitian ini juga untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara laki-laki dan perempuan kelas VII Mts Al-Azhar Sampung Ponorogo. Selain itu juga untuk mengetahui perbedaan Model Pembelajaran dan Jenis Kelamin terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII MTs Al–Azhar Sampung.
Pendekatan yang dipakai pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan memakai metode komparatif, Sampel pada penelitian ini berjumlah 54 siswa yakni kelas eksperimen I adalah kelas VII C berjumlah 29 siswa dan kelas eksperimen II adalah kelas VII A yang berjumlah 29 siswa.
Pada saat dilakukan post-test kelas eksperimen I nilai rata-ratanya berjumlah 82.76, kelas eksperimen II nilai rata-ratanya berjumlah 82.59, sedangkan nilai rata-rata laki-laki berjumlah 80.52 dan nilai perempuan berjumlah 84.83. Hasil perhitungan data dilakukan dengan uji t dan anava dua jalur, Uji T diperoleh nilai Sig. 0.945 maka dapat disimpulkan perbedaan hasil belajar dengan diterapkan model Problem Based Learning dan model Teams Games Tournament tidak signifikan. Sedangkan hasil belajar antara siswa laki-laki dan perempuan diperoleh nilai Sig. 0.080 maka dapat dinyatakan hasil belajar tidak berbeda signifikan. Sedangkan perbedan model pembelajaran dan jenis kelamin terhadap hasil belajar IPS dengan uji anava dua jalur diperoleh untuk model pembelajaran diperoleh nilai Sig. 0.992 dan jenis kelamin didapat nilai Sig. 0.085 jadi dapat disimpulkan keduanya tidak ada perbedaan terhadap hasil belajar IPS atau sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:13
Last Modified: 12 Jul 2024 03:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29849

Actions (login required)

View Item View Item