Sumarti, Endang Sri (2024) ..(UPLOAD FILE SKRIPSI, BUKAN ARTIKEL, UPLOAD ULANG)..Keaktifan Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas V MI Ma'arif Setono Jenangan Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200167_ENDANG SRI SUMARTI_ Executive Summary.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan siswa dalam hal menangkap pelajaran di MI Ma’airf Setono berbeda-beda. Ada sebagian siswa yang cepat, ada juga yang lambat dalam menangkap materi. Oleh karena itu, mereka juga memiliki cara yang berbeda-beda dalam hal memahami materi. Sebagian dari siswa akan suka jika cara mengajar gurunya dengan menuliskan segala materi di papan tulis, ada juga yang hanya dijelaskan saja sudah paham. Penelitian ini bertempat di MI Ma’arif Setono Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo dimulai pada tanggal 15 Maret – 28 Maret 2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data yang didapat dari hasil angket keaktifan belajar dan angket gaya belajar. Pengambilan data didapat dari hasil angket keaktifan belajar dan angket gaya belajar. Peneliti menyajikan data dari hasil angket dalam bentuk narasi dengan maksud mudah di pahami oleh peneliti maupun pembaca. Dalam penelitian ini diperoleh hasil pertama, keaktifan belajar siswa kelas V MI Ma’arif Setono dengan predikat sangat aktif sebanyak 3 siswa, predikat aktif sebanyak 17 siswa, dan predikat cukup sebanyak 4 siswa. Kedua, gaya belajar siswa adalah dengan rincian 11 siswa memiliki gaya belajar visual, 10 siswa dengan gaya belajar kinestetik, dan 3 siswa dengan gaya belajar auditorial. Ketiga, siswa yang memiliki keaktifan belajar sangat aktif terdiri dari 3 siswa, yaitu 2 siswa dari gaya belajar kinestetik dan 1 siswa dari gaya belajar visual. Untuk siswa yang tingkat keaktifannya sangat aktif pada saat di dalam kelas sudah berani bertanya, menjawab. Siswa yang memiliki keaktifan belajar aktif terdiri dari 17 siswa, dengan rincian 9 siswa dari gaya belajar visual, 5 siswa dari gaya belajar kinestetik, dan 3 siswa dari gaya belajar auditorial. Siswa tersebut sudah berani bertanya tetapi belum dapat menjawab pertanyaan guru. Siswa yang keaktifannya cukup terdiri dari 4 siswa, yaitu 1 dari gaya belajar visual dan 3 dari gaya belajar kinestetik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ayunda Riska Puspita |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 03:09 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:09 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29847 |
Actions (login required)
View Item |