Strategi Guru PAI dalam Membentuk Karakter Toleransi Siswa SMKN 1 Bendo Magetan

Mudaningrum, Reza Kumala (2024) Strategi Guru PAI dalam Membentuk Karakter Toleransi Siswa SMKN 1 Bendo Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200169_REZA KUMALA MUDANINGRUM_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (875kB) | Preview

Abstract

Mudaningrum, Reza Kumala. 2024. Strategi Guru PAI dalam Membentuk Karakter Toleransi Siswa SMKN 1 Bendo Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Prof. Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci: Strategi guru PAI, membentuk karakter toleransi, siswa.
Kemajuan Globalisasi menuntut adanya keselarasan global, karakter bangsa Indonesia beresiko mengalami penurunan nilai moral atau karakter. Dalam hal itu, pemerintah menetapkan adanya perubahan kurikulum K13 menjadi Kurikulum Merdeka dengan tujuan untuk menciptakan pribadi yang memiliki kompetensi dan berbudi luhur melalui berbagai kebijakan Kemendikbud yang berpusat pada upaya mewujudkan pelajar Pancasila.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam kurikulum merdeka pada siswa kelas IX SMKN 1 Bendo; (2) strategi guru PAI dalam membentuk karakter Toleransi dalam kegiatan intrakulikuler siswa kelas IX SMKN 1 Bendo.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif lapangan (field research) dengan metode deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari sumber data primer dan sekunder. Sumber primer diperoleh dari wawancara guru pendidikan agama islam dan siswa. Sedangkan sekunder diperolah dari buku, literatur dan kelompok objek yang diteliti. Adapun Teknik analisisnya, peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil Analisa ditemukan bahwa (1) implementasi P5 di SMKN 1 Bendo dirancang masuk ke dalam kegiatan intrakulikuler sebagai berikut: (a) Pengintegrasian nilai-nilai Pancasila ke dalam modul ajar, (b) Penerapan metode pembelajaran aktif, (c) Penggunaan media pembelajaran yang relevan. (2) Strategi guru PAI dalam membentuk karakter Toleransi dalam kegiatan intrakulikuler siswa yakni melalui 3 tahapan yaitu: (a) Merancang Modul Ajar, (b) Menggunakan Metode Pembelajaran Diskusi, (c) Refleksi dan Evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:07
Last Modified: 12 Jul 2024 03:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29843

Actions (login required)

View Item View Item