QUROTA AYUNI, Tri Meryyana (2024) INTERNALISASI SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MTs N 6 PONOROGO TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
bukti pengumpulan skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Qurotaayuni, Tri Meryyana. 2024. Internalisasi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di MTs N 6 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Khoirun Nikmah, S.Pd M.Hum
Kata Kunci : Internalisasi, Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pramuka
Internalisasi merupakan sebuah proses penanaman nilai dari seseorang ke orang lain. Internalisasi sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik melalui ekstrakurikuler pramuka merupakan suatu upaya menanamkan nilai-nilai baik kepada peserta didik dalam aspek spiritual dan aspek sosial dengan harapan terciptanya karakter baik yang melekat pada jiwa setiap peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka.
Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk 1). mengetahui internalisasi sikap spiritual siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di MTsN 6 Ponorogo. 2). untuk mengetahui internalisasi sikap sosial yang dimiliki siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka serta 3). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat internalisasi sikap spiritual dan sikap sosial Siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari peneliti mengambil data terkait kegiatan pramuka. Data menggunakan model analisis Miles dan Huberman, dan saldana meliputi: tahap pengumpulan data, penyusunan data, dan penarikan kesimpulan. Untuk membuktikan kevalidan data, digunakan triangulasi sumber data dan teknik.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa 1) internalisasi sikap spiritual peserta didik melalui ekstrakurikuler pramuka di MTs N 6 Ponorogo. Melalui a) Peneladanan usaha untuk menyampaikan sikap supaya dapat diinternalisasikan dalam diri seseorang. Dengan demikian, proses peneladanan dimulai dengan mengambil nilai-nilai dari sumber nilai tertentu. Melalui kegiatan pramuka tingkat siaga, penggalang, penegak, dan pandega 2). internalisasi sikap sosial yang dimiliki siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka b) pembiasaan b memfokuskan pada pengalaman langsung melalui kegiatan seperti apel pagi diikuti dengan kegiatan pembelajaran, keteramplan berkemah, dan studi banding 3) faktor pendukung dan penghambat internalisasi sikap spiritual dan sikap sosial siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. c) penegakan aturan Sebuah peraturan umumnya dirancang untuk mengatur sikap dan tindakan individu yang terikat olehnya. Aturan tersebut muncul sebagai wujud penghargaan terhadap hak-hak dan tanggung jawab yang melekat pada setiap individu melalui kegiatan TKK berkemah, TKK juru masak, dan TKK gerak jalan d) pemotivasian dorongan untuk menimbulkan motif dalam diri seseorang. Melalui kegiatan kebersamaan, kedisiplinan, dan melatih kejujuran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | KHOIRUN NIKMAH |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 03:03 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:03 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29839 |
Actions (login required)
View Item |