Wijayanto, Fichi (2024) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 4. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
FICHI WIJAYANTO 206200088 MPI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Wijayanto, Fichi. 2024. Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Athok Fuadi, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan, Siswa SMP.
Kedisipilinan pada kalangan siswa tingkat menengah pertama (SMP) selayaknya masih dimaknai dengan rendah. Hal ini diketahui dari banyak siswa yang belum memiliki tanggung jawab penuh terhadap peraturan yang telah ditetapkan pihak sekolah selama ini. Pada situasi ini dibutuhkan keterlibatan pihak kesiswaan melalui menajemen kesiswaan yang lebih operasional dan solutif.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran tentang perencanaan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 4 Ponorogo, untuk mengetahui gambaran tentang pelaksanaan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 4 Ponorogo, dan untuk mengetahui gambaran tentang evaluasi kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMP Negeri 4 Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian yang diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil data dari penelitian dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga langkah yaitu data collection, data condensation, data display, dan conclusions: drawing/ verification.
Hasil data penelitian menunjukkan bahwa 1)perencanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMP Negeri 4 Ponorogo dilakukan setiap awal tahun ajaran baru. 2)Untuk mengganti tata tertib atau tindakan menghukum siswa dengan membuat sebuah perencanaan keyakinan kelas yang langsung dibina oleh guru wali kelas masing-masing. 3)Pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 4 Ponorogo dimulai sejak Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Pada tahap ini, pihak kesiswaan akan melakukan pemantauan bertahap. Aktivitas ini sepenuhnya akan diserahkan pada kolaborasi kinerja kesiswaan dengan keyakinan kelas yang dilakukan oleh guru atau wali kelas. 3) Pada tahap evaluasi dilaksanakan sebanyak dua kali dalam setahun yakni setiap akhir semester. Beradsarkan hasil penelitian diatas, diketahui faktor utama yang mempengaruhi kedisiplinan siswa adalah kurangnya kesadaran diri akan rasa tanggung jawab, pengaruh lingkungan teman, keluarga, masyarakat dan kurangnya motivasi dari orang tua atau pendampingan orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Athok Fuadi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 05:55 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 05:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29818 |
Actions (login required)
View Item |